Apa Peran MC Acara Pernikahan?

Pernikahan merupakan peristiwa sakral dan bersejarah dalam kehidupan pribadi setiap individu. Umumnya, pernikahan berlangsung hanya satu kali seumur hidup. Acara pernikahan harus dibuat sedemikian rupa sehingga berkesan dan berlangsung hidmat. Oleh karena itulah diperlukan peran mc acara pernikahan.

Tugas MC

Loading...

Mc yang merupakan master of ceremony, adalah orang yang memandu jalannya acara. Tugas mc adalah menjelaskan kepada semua orang yang hadir mengenai proses yang berlangsung dalam setiap sesi acara pernikahan. Dengan adanya panduan dari mc, baik mempelai, orang tua mempelai, keluarga, dan semua tamu undangan memahami apa yang harus dilakukan, apa yang sedang terjadi, dan kapan sesuatu dimulai atau berakhir. Dan dengan adanya panduan mc, acara bisa berlangsung tertib dan efektif.

Seorang mc harus memahami betul segala sesuatu tentang acara yang dipandunya. Misalnya siapa saja yang terlibat, apa saja yang diperlukan, susunan acara lengkap dengan waktunya, dan sebagainya.

Tugas mc pernikahan secara teknis sangat tergantung pada perjanjian sang mc dengan tuan rumah atau pemangku pesta pernikahan. Jika menggunakan jasa wedding organizer, mc biasanya sudah termasuk dalam paket pernikahan. Di sini, mc bertugas memandu jalannya acara pernikahan dari awal hingga akhir. Misalnya dari awal proses akad nikah, sesi foto bersama, sampai berakhirnya pesta resepsi.

Ada juga pemangku hajat yang hanya menggunakan jasa mc ketika prosesi akad nikah. Mc mulai berperan ketika rombongan mempelai pria datang yang kemudian disambut oleh keluarga mempelai wanita. Dilanjutkan dengan acara serah-terima, akad nikah, sungkeman, dan sebagainya. Setelah acara inti akad nikah selesai, maka mc menutup acara dan selesailah tugasnya. Selanjutnya, acara resepsi berjalan dengan sendirinya tanpa panduan mc.

Harga MC

Tarif atau honor mc pernikahan sangat beragam. Mulai dari yang tergolong murah, sedang, sampai mahal. Harga tentunya disesuaikan dengan kualitas. Maksudnya, honor mc sangat tergantung dari kredibilitas si mc tersebut. Apakah ia seorang yang berpengalaman, terkenal, figurnya menarik, atau mungkin masih pemula, canggung, dan sebagainya.

Figur mc yang disukai untuk acara pernikahan biasanya adalah seseorang yang berwibawa, dewasa, dan bijaksana. Tak jarang, orang yang diminta berperan sebagai mc adalah tokoh masyarakat atau tokoh keluarga. Namun ada juga yang lebih menyukai figur mc yang muda, lucu, dan humoris untuk menyegarkan suasana pesta.

Demikian informasi mengenai mc acara pernikahan. Semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Nama-nama Angin dan Tempat Kejadiannya
Sebelumnya: Naskah Cerita Princess Disney Belle dan Pesan Moral Ceritanya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar