Peran Nilai dan Norma pada Seorang Pemimpin

Apa peran nilai dan norma pada seorang pemimpin? Pemimpin adalah orang yang memimpin dalam suatu kelompok masyarakat. Dalam lingkup kecil terdapat pemimpin atau kepala rumah tangga dan lingkup yang paling besar adalah pemimpin negara atau yang lebih kita kenal dengan sebutan presiden.

Dalam sebuah lingkup kecil selalu diharapkan agar pemimpin dapat menjadi pemimpin yang ideal bagi anggotanya atau bagi masyarakat apalagi jika hubungannya dengan pemimpin suatu negara yang mengurus masyarakat yang lebih besar. Oleh karenanya peran nilai dan norma pada seorang pemimpin sangat penting agar ia dapat mempertanggungjawabkan kepemimpinannya dan dapat bekerja dengan baik walaupun tanpa pengawasan mata manusia.

Pengertian Nilai dan Norma

Apa artinya nilai dan norma dalam kehidupan sosial kemasyarakatan? Nilai dan norma merupakan suatu aturan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan telah disepakati bersama untuk kebaikan masyarakat secara keseluruhan.

Pengertian nilai sendiri merupakan hal yang diyakini baik dan buruk dalam kehidupan. Misalnya rajin adalah perbuatan yang baik dan malas adalah perbuatan yang buruk. Adapun norma adalah aturan atau pedoman yang berlaku untuk menilai perilaku seseorang atau masyarakat.

Oleh karenanya dapat dikatakan bahwa norma merupakan perwujudan dari nilai-nilai yang ada di masyarakat karena di dalam norma ada perilaku yang baik untuk dilakukan dan ada perilaku yang tidak baik untuk dilakukan dan jika perilaku yang tidak baik itu dilakukan ada sanksi yang akan diberikan. Norma ada yang tertulis dan tidak tertulis.

Norma tertulis biasanya bersifat formal dan berbentuk peraturan dan hukum tertulis yang diketahui oleh masyarakat luas. Sedangkan norma yang tidak tertulis bersifat informal yang walaupun tidak tertulis namun telah diketahui baik buruknya.

Peran Nilai dan Norma dalam Kepemimpinan

Nilai dan norma yang ada dalam kehidupan masyarakat sangat berperan bagi pemimpin kita karena dengan adanya norma dan nilai maka ada kontrol sosial bagi pemimpin. Dengan adanya nilai dan norma maka adanya kendali dan arahan bagi pemimpin kita untuk melakukan hal yang baik dan benar dan menjauhi hal-hal yang buruk.

Misalkan pemimpin melaksanakan pekerjaanya dengan baik dan disertai dengan rasa tanggung jawab. Adanya nila dan norma juga diharapkan pemimpin kita dapat menjauhi hal yang buruk misalnya menghindari perilaku korupsi, kolusi maupun nepotisme.

Pemimpin yang baik adalah mereka yang mau melayani rakyatnya dan bukan ingin dilayani. Pemimpin juga lebih mengutamakan orang banyak daripada satu kelompok sehingga ia bisa bersifat adil untuk sesama dan tidak zalim kepada rakyatnya. Peran nilai dan norma pada seorang pemimpin sangat besar maka hendaknya seorang pemimpin sadar bahwa kepemimpinannya akan dipertanggungjawabkan di hadapan rakyat dan di hadapan Tuhan kelak.

Selanjutnya : Perkembangan Kebudayaan Islam di Indonesia
Sebelumnya: Nostalgia Penyanyi Indonesia 80an
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...