Peran Organisasi Mahasiswa dalam Kehidupan Bermasyarakat di Indonesia


Maha artinya adalah yang paling, identik dengan strata tertinggi. Jika memang demikian, mahasiswa bisa dipandang merupakan derajat tertinggi seorang pelajar. Oleh karenanya, maka tugas yang mereka emban pun lebih berat daripada siswa-siswa pada level dibawahnya (siswa SMU, SLTP, dll).

Mahasiswa dipandang sebagai kaum intelektual yang tidak hanya harus unggul di bidang akademisi, tetapi juga handal bersosialisasi di tengah masyarakat luas. Oleh karena itu, didirikanlah organisasi-organisasi kemahasiswaan yang berguna menampung aspirasi-aspirasi mahasiswa.

Selain itu organisasi ini menjembatani mereka, agar menjadi pribadi yang berkualitas dan bermanfaat untuk masyarakat luas. Berikut akan dijelaskan peran organisasi mahasiswa dalam kehidupan bermasyarakat di Indonesia.

Setiap organisasi pasti mempunyai visi dan misi yang berbeda-beda. Setiap anggota mahasiswa yang tergabung dalam organisasi tersebut pastilah mempunyai tujuan yang sama, yaitu secara bersama-sama mencapai apa yang menjadi cita-cita organisasi tersebut.

Organisasi kemahasiswaan yang baik, seharusnya tidak hanya menyibukkan diri di lingkungan kampus saja. Tetapi mereka dituntut juga untuk peka memperhatikan isu-isu yang ada di tengah-tengah masyarakat. Selain itu, mereka dapat melakukan berbagai macam kegiatan yang ditujukan untuk kepentingan masyarakat sekitar. Dengan demikian mereka dapat berkontribusi secara nyata terhadap masyarakat luas.

Beberapa pihak menyatakan, bahwa mahasiswa adalah motor penggerak suatu perubahan. Sebagai kaum terpelajar mereka dapat mengamati segala kebijakan-kebijakan yang ada di negeri ini dan mengkritisi apabila dirasa kebijakan tersebut tidak sesuai dengan masyarakat.

Organisasi kemahasiswaan inilah yang menjembatani masukan-masukan dari mahasiswa untuk disampaikan kepada si pembuat kebijakan. Hal ini dirasa lebih menunjukkan citra mahasiswa sebagai makhluk yang berpendidikan daripada mereka harus melakukan aksi demonstrasi yang hanya akan menimbulkan kericuhan. Sebenarnya Demonstrasi boleh-boleh saja dilakukan oleh mahasiswa asal tidak mengenakan kekerasan dan menghancurkan sarana umum.

Peran organisasi mahasiswa dalam kehidupan bermasyarakat semakin terlihat jelas ketika mereka melakukan kegiatan pengabdian di tengah masyarakat. Yang dimaksud dengan pengabdian adalah melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat sebagai tanda bahwa mereka adalah bagian dari generasi penerus bangsa yang peduli terhadap kesejahteraan dan kemajuan masyarakat.

Selanjutnya : Membuat Teks Drama untuk Anak Usia Sekolah Dasar
Sebelumnya: Cara Menampilkan Gui ke Monitor Lain
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar