Peran Pemerintah dalam Sistem Perekonomian Indonesia


Sistem perekonomian adalah sebuah sistem yang dianut suatu negara untuk mengatur alokasi sumber daya individu hingga sebuah organisasi dalam wilayah negara tersebut. Tiap negara memiliki sistem perekonomian yang berbeda. Indonesia menjalankan sistem perekonomian berlandaskan Pancasila dan asas kekeluargaan. Peran pemerintah dalam sistem perekonomian Indonesia memang cukup besar tetapi semua hasilnya kembali lagi untuk kemaslahatan rakyat Indonesia.

Sistem Perekonomian Indonesia

Ciri-ciri yang nampak dari sistem perekonomian Indonesia adalah,

  • Sistem ekonomi dijalankan secara bersama-sama dan tetap berasaskan kekeluargaan.
  • Sektor ekonomi yang diperuntukkan untuk publik atau khalayak umum sepenuhnya dikuasai oleh negara.
  • Sumber daya alam dalam negara dikuasai oleh negara namun dimanfaatkan untuk kemakmuran rakyat.
  • Prinsip Demokrasi Ekonomi dijalankan dalam sistem perekonomian nasional.

Ada dua peran yang dijalankan pemerintah dalam sistem perekonomian nasional. Pertama, pemerintah sebagai pihak utama yang menjalankan kegiatan ekonomi mulai dari proses produksi, pemerataan distribusi hingga proses konsumsi. Kedua, pemerintah berperan dalam pengatur kebijakan ekonomi baik moneter maupun fiskal.

Institusi yang menjadi sentral utama ekonomi Indonesia adalah BUMN, Koperasi dan BUMS. BUMN adalah singkatan dari badan Usaha Milik Negara seperti PLN, PT KAI dan lain-lain. Contoh koperasi adalah kperasi simpan pinjam dan koperasi unit desa. BUMS (Badan Usaha Milik Swasta) adalah sebuah badan ekonomi yang dikuasai individu atau pihak luar  contohnya MNC Group, PT Astra Internasional dan masih banyak lagi.

Peran pemerintah dalam menjalankan sistem produksi adalah melakukan proses produksi melalui insititusi utama bagi kesejahteraan rakyat. Misalnya memberikan pelayanan simpan pinjam melalui koperasi atau menghasilkan tenaga listrik dari PLN.

Peran pemerintah alam menjalankan proses distribusi banyak sekali jenisnya. Contohnya, membantu aliran distribusi sembako, melakukan kontrol atas distribusi minyak bumi dan gas alam yang disalurkan melalui Pertamina dan lain-lain. Distribusi lainnya berupa pemerataan jaringan telekomunikasi dan transportasi.

Selain itu pemerintah juga berperan sebagai pelaku konsumsi ekonomi. Semua bentuk produksi dan distribusi tentu membutuhkan sumber daya yang juga dimanfaatkan dari segala sektor. Pemerintah juga memiliki peran sentral dalam pengambilan kebijakan ekonomi misalnya bagaimana cara negara mengentaskan rakyat dari kemiskinan dan pemerataan kesempatan bekerja.

Selanjutnya : Inilah Peralatan yang Diperlukan untuk Bisnis Kue Rumahan
Sebelumnya: Bentuk Pelanggaran Terhadap HAM
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar