Peran Pemerintah dalam Perekonomian Indonesia


Pemerintah memiliki peran dalam peningkatan kehidupan ekonomi perseorangan dan masyarakat. Peningkatan ekonomi individu tidak bisa hanya bergantung pada peranan pasar melalui sektor swasta atau badan usaha milik swasta. Peran pemerintah dalam perekonomian Indonesia adalah berkaitan dengan penyediaan barang dan jasa yang diperlukan oleh masyarakat luas. Kebutuhan ini dikenal dengan istilah kebutuhan publik.

Kebutuhan publik terdiri dari kebutuhan barang dan jasa publik dan barang dan jasa privat.

  • Barang dan jasa publik merupakan barang dan jasa yang digunakan bersama-sama dengan orang lain. Misalnya saja fasilitas pendidikan, transportasi, jalan raya, air minum dan fasilitas sejenis lainnya. Pemerintah menyediakan kebutuhan ini agar masyarakat bisa menggunakan fasilitas ini dengan harga yang terjangkau.
  • Barang dan jasa privat merupakan barang dan jasa yang produksi dan penggunannya dapat dipisahkan dari penggunaan orang lain. Kebutuhan ini biasanya diupayakan sendiri oleh setiap orang. Misalnya saja, makanan, pakaian, minuman dan kebutuhan sejenis lainnya.

Selain berperan dalam penyediaan barang dan jasa yang diperlukan masyarakat luas, pemerintah juga memiliki peran alokasi, peran distribusi dan peran stabilisasi. Berikut ini penjelasan mengenai masing-masing peran tersebut.

•    Peran alokasi

Pemerintah berperan dalam menentukan jumlah sumber daya yang akan dipergunakan untuk memproduksi barang-barang publik dan jumlah sumber daya yang dipakai untuk memproduksi barang-barang individu. Pemerintah pula yang menentukan jumlah barang-barang publik yang harus disediakan oleh pemerintah dan jumlah barang yang dapat disediakan rumah tangga perusahaan.

•    Peran distribusi

Pemerintah membuat kebijakan agar alokasi sumber daya ekonomi berjalan secara efisien. Pemerintah harus pula membuat kebijakan agar kekayaan bisa didistribusikan secara baik di masyarakat. Misalnya saja melalui kebijakan pajak, subsidi, bantuan kesehatan, bantuan pendidikan dan lain sebagainya.

•    Peran stabilisasi

Pemerintah berperan menjaga perekonomian agar dapat berjalan dengan baik yaitu dengan menjaga suatu konflik di satu sektor ekonomi tidak berkembang semakin luas, mengendalikan inflasi, menjaga keamanan dan menegakkan kepastian hukum.

Peran pemerintah dalam perekonomian Indonesia juga telah diatur dalam Undang-Undang Dasar 1945 pasal 33. Karena itu pemerintah harus berperan aktif dalam perekonomian dan mendukung tumbuhnya iklim ekonomi yang baik demi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Selanjutnya : Kisah Syarif Muhammad Alqadrie, Pahlawan Sintang Pada Masa Pendudukan Jepang
Sebelumnya: Memulai Menulis Kreatif Ala Jonru Ginting
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar