Peran pemerintah mengatasi permasalahan ketenagakerjaan di Indonesia


Peran pemerintah mengatasi permasalahan ketenagakerjaan di Indonesia sejatinya harus dilaksanakan dengan benar-benar. Karena persoalan ketenagakerjaan adalah persoalan yang menyangkut hajat orang banyak. Bagaimana tidak, besarnya jumlah populasi Indonesia tidak sebanding dengan lapangan kerja yang tersedia. Belum lagi persoalan-persoalan pengiriman Tenaga Kerja Indoesia(TKI) keluar negeri yang perlu mendapat perhatian besar.

Pengangguran adalah pekerjaan rumah (PR) bangsa ini. Pengangguran juga dapat berakibat kepada persoalan kriminalitas. Dalam masalah ketenagakerjaan, pemerintah memiliki peran penting didalamnya . Undang-undang ketenagakerjaan memang sudah ada seperti UU No. 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan, UU No. 21 Tahun 1999 tentang diskriminasi dalam pekerjaan dan jabatan, UU No. 20 Tahun 1999 tentang usia minimum untuk diperbolehkan bekerja, dan juga UU No. 1 Tahun 1970 tentang keselamatan kerja.

Namun tentu saja, Undang-undang di atas belum tentu menghasilkan sesuai dengan tujuan yang diundang-undangkan. Di sini pemerintah berkewajiban memonitor pelaksanaan peraturan ketenagakerjaan tersebut. Undang-undang tidak akan berarti apa-apa bila tidak dijalankan sepenuhnya.

Selain memonitor pelaksanaan Undang-undang, pemerintah juga berperan dalam meningkatkan kualitas dan produktifitas tenaga kerja. Dalam hal ini pemerintah memberikan program-program pendidikan dan pelatihan. Dan hendaknya program pelatihan tersebut dapat berjalan dengan berkesinambungan dan tepat sasaran.

Dalam mengatasi persoalan ketenagakerjaan dan pengangguran, pemerintah memperluas dan mengembangkan kesempatan kerja di dalam negeri. Untuk mencapai hal ini, pemerintah membuat program-program yang mendukung ke arah sana seperti memfasilitasi penciptaan wirausaha baru, kerja sama dengan lembaga-lembaga nasional dan internasioanal serta pelatihan-pelatihan keterampilan.

Terbatasnya lapangan kerja di Indonesia, dan untuk menekan penggangguran, pengiriman Tenaga Kerja Indonesia (TKI) keluar negeri merupakan pilihan yang harus di ambil. Selain itu pengiriman ini juga dapat meningkatkan cadangan devisa negara.

Namun persoalannya tidak sederhana. Pengiriman TKI keluar negeri bukan tanpa resiko. Lihat saja kasus-kasus kekerasan yang menimpa banyak TKI serta gaji yang tidak dibayar. Untuk itulah peran pemerintah dalam hal ini teramat penting, sehingga pengiriman TKI tidak menimbulkan masalah sosial di kemudian harinya.

Peran pemerintah mengatasi permasalahan ketenagakerjaan di Indonesia dengan berbagai program yang ada seyogianya dijalankan dengan baik. Dengan demikian peran pemerintah benar-benar dirasakan oleh tenaga kerja Indonesia baik yang berada di dalam negeri maupun di luar negeri.

Selanjutnya : Makna Maulid Nabi Muhammad SAW
Sebelumnya: Makanan Vitamin E dan Manfaatnya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar