Peran Pemuda Dalam Bidang Ekonomi, Politik Dan Pembangunan


Tidak salah adanya ungkapan yang mengatakan jika ingin melihat kualitas suatu bangsa maka lihatlah bagaimana kualitas pemudanya. Memang benar  bahwa pemuda sebagai penerus tonggak estafet bangsa memiliki peranan yang sangat penting dan vital dalam kemajuan suatu bangsa.

Kompetensi Pemuda

Hal ini pula pernah ditegaskan oleh Bapak Pendiri Bangsa Indonesia yakni Ir . Soekarno, Ia pernah mengatakan “ Berikan kepadaku satu pemuda maka aku akan mengubah dunia”.

Itu menunjukkan bahwa pemuda memiliki kekuatan dan potensi yang nyata dalam setiap bidang kehidupan baik di bidang ekonomi, politik dan pembangunan.

Peran pemuda di bidang ekonomi bisa dilihat mulai banyaknya bermunculan para pemuda yang terjun di bidang wirausaha baik usaha kecil, menengah atau bahkan sudah sukses di jenjang karir yang paling tinggi.

Para pemuda kini diarahkan untuk bisa menghidupi dirinya sendiri dari hasil usaha dengan memanfaatkan segala potensi yang dimilikinya dan lingkungan sekitar. Dengan begitu, besar harapan agar ia juga bisa memberdayakan masyarakat sekitar sehingga membantu peningkatan taraf kesejahteraan masyarakat.

Program Wirausaha Mandiri yang secara rutin digelar oleh salah satu Bank pemerintah juga menjadi saran untuk mewadahi para pemuda yang bergerak di bidang kewirausahaan sehingga memacunya untuk bisa berkembang menjadi lebih baik. Sementara itu, peran pemuda dalam bidang politik juga bisa terlihat dengan jelas terutama sejak masa bergulirnya reformasi pada tahun 1998.

Masih lekat dalam ingatan ketika ribuan mahasiswa turun ke jalan dan memenuhi gedung parlemen DPR/ MPR RI untuk menyampaikan aspirasi rakyat. Mereka  mengkritik kebijakan serta ketidakmampuan pemerintah dalam menangani segala permasalahan bangsa.

Semua usaha mereka tidak sia-sia, karena tahun 1998 merupakan masa berakhirnya orde baru dan beralih ke orde reformasi. Tidak hanya berhenti sampai disana, peranan pemuda di bidang politik masih bisa dirasakan hingga kini. Misalnya dengan terjunnya para pemuda ke dalam kancah politik sebagai bentuk upaya mereka untuk memperbaiki bangsa.

Pemuda juga berperan nyata dalam pembangunan bangsa, dengan cara meningkatkan kualitas diri baik secara akademik maupun non akademik, karena menyadari bahwa di pundak merekalah masa depan dan nasib bangsa terletak.

Pemuda meski seringkali dipandang sebelah mata karena kurangnya pengalaman hidup, namun pada kenyataaanya pemuda selalu berupaya untuk memberikan sumbangsih nyata bagi bangsa di bidang ekonomi, politik dan pembangunan.

Selanjutnya : Cerita Mahameru
Sebelumnya: Ada-Ada Saja Julukan Unik Untuk Wanita
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar