Peran Presiden dalam Suatu Negara

Sebagai orang nomor satu, peran presiden dalam suatu negara sangatlah penting .  Presiden sering dikatakan sebagai kepala negara, hal itu memang benar adanya. Ibarat negara kita sebuah kapal yang besar, presidenlah yang memegang kendalinya. Menjadi presiden merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi seseorang. Meskipun hal itu juga berarti bahwa dirinya harus siap dibebani oleh tanggung jawab yang luar biasa beratnya. Maju tidaknya suatu negara tergantung kepada kebijakan-kebijakan yang diambil oleh presiden negara tersebut.

Kepala Negara

Dalam menjalankan roda pemerintahan, presiden tidaklah bekerja sendiri. Presiden dibantu oleh wakil presiden serta kabinet kementrian yang memiliki tugas masing-masing. Meskipun demikian, bukan berarti presiden bisa lepas tangan begitu saja.

Presiden tetap mengawasi jalannya kinerja yang dilakukan oleh mentri-mentrinya, dengan cara meminta laporan di segala bidang. Dengan demikian presiden tetap mengetahui hal-hal yang terjadi dan ikut merumuskan kebijakan di bidang tersebut.

Sebagai orang yang mewakili Indonesia dalam pertemuan dengan berbagai negara di luar negri, seorang presiden harus mampu membawa nama baik Indonesia. Dengan kata lain kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh seorang presiden tidak hanya berdampak terhadap pemerintahan di dalam negeri tetapi juga mempengaruhi pandangan negara lain terhadap Indonesia.

Kebijakan luar negeri ini juga meliputi pengumuman perang yang dibuat oleh seorang presiden. Sehingga semakin bijak seorang presiden, maka suatu negara tidak akan dengan gamblang mencari gara-gara dengan negara lain.

Tidak semua orang bisa menjadi seorang presiden, karena menjadi seorang presiden harus memenuhi syarat-syarat tertentu, meskipun syarat-syarat tersebut sebenarnya bersifat umum. Syarat utama seorang presiden adalah warga negara Indonesia, bukan keturunan ataupun pendatang.

Hal ini untuk memastikan tidak ada kepentingan negara lain yang melatar belakangi pemerintahan selain kepentingan untuk bangsa Indonesia. Seorang calon presiden, harus mempunyai visi dan misi yang jelas untuk bangsa Indonesia dan tidak mempunyai ’catatan’ yang buruk tentang hidupnya.

Meskipun tidak ada syarat khusus dalam mencalonkan diri menjadi presiden, akan tetapi tidak dapat dibohongi jika peranan presiden dalam suatu negara sangatlah penting. Oleh karena itu sebaiknya individu-individu yang berniat mencalonkan diri menjadi presiden di Indonesia lebih ‘dewasa’ dalam berfikir, apakah dirinya mampu membawa Indonesia ke arah yang lebih maju atau jangan-jangan menjadi presiden hanya sebuah obsesi demi mendapat kekuasaan tanpa batas.

Selanjutnya : Tenaga Listrik Tambahan Rumahan
Sebelumnya: Mengenal Lebih Jauh Bahasa Jawa Dasar
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...