Peran Seorang Suami Menurut Islam

Laki-laki yang baik tentu akan berusaha sekuat tenaga untuk menjadi suami yang baik pula bagi istri serta keluarganya. Apalagi seorang suami menurut Islam punya peran yang sangat penting terhadap kebahagiaan dan kelangsungan hidup rumah tangganya.

Yang paling utama yaitu suami harus mampu memuliakan istri dan anak-anaknya. Perlu diberi ketegasan, dalam ajaran Islam tidak ada satupun ayat atau hadist Nabi yang mengatakan apabila urusan yang berkaitan dengan pekerjaan dapur merupakan tanggung jawab istri.

Loading...

Jadi tidak ada salahnya bila suami membantu istrinya untuk membuat masakan, membersihkan rumah, mencuci pakaian atau pekerjaan rumah tangga lainnya. Apalagi jika dia punya waktu dan kesempatan, tentu semua pekerjaan itu harus dikerjakan secara bersama-sama.

Selain itu suami harus bisa menjaga sikap dan berlaku sopan pada istrinya. Tidak ada salahnya menghadirkan kesan romantis pada pasangan hidupnya tersebut. Namun tentu saja hal ini tidak boleh dilakukan secara berlebihan, apalagi ketika sedang berada di hadapan orang lain termasuk anaknya sendiri. Hindari sikap kasar meski sedang ada masalah dan dalam kondisi emosi.

Yang tidak kalah penting yaitu suami harus bisa berperan sebagai imam dan pemimpin bagi istri beserta keluarga. Yang dimaksud dengan imam disini bukan saja ketika sedang melakukan shalat tapi juga dalam kehidupan sehari-hari. Jika ada masalah penting yang harus diputuskan, seorang suami punya kewajiban sekaligus hal untuk membuat keputusan tersebut.

Bukan itu saja, sebagai pemimpin dia juga harus mampu memberi perlindungan terhadap semua anggota keluarga termasuk segala macam kebutuhannya. Jadi dia merupakan pemegang kendali utama dalam urusan rumah tangga termasuk masalah keuangan.

Dia harus punya pekerjaan atau penghasilan untuk menghidupi istri serta anak-anaknya. Tentu saja nafkah atau penghasilan ini harus bisa didapat dari sumber yang halal dan barokah. Jangan sekali-sekali memberi rejeki yang tidak halal pada mereka sebab bisa menimbulkan mudharat dan kerugian yang lebih besar. Apalagi mengingat mencari rejeki dengan cara yang tidak baik adalah haram hukumnya.

Tapi pada sisi yang lain meskipun peran seorang suami menurut Islam harus dijalankan secara konsekuen oleh setiap pria Muslim, mereka juga mendapat beberapa hak. Misalnya mendapatkan pelayanan yang baik dari istrinya. Selain itu istri juga harus selalu menghormati suaminya meskipun sedang dalam kondisi yang sesulit apapun.

Loading...
Selanjutnya : Melihat Contoh Penulisan Artikel Ilmiah di Internet
Sebelumnya: Cara Mengatasi Diare untuk Orang Dewasa
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar