Peranan Hadits dalam Kehidupan Sehari-hari


Allah SWT memberi Rasulullah SAW sebuah kitab suci Al-Qur’an agar bisa membimbing manusia kejalan yang lurus dan diridhai Allah SWT. Bukan hanya kitab yang dijadikan pedoman bagi umat Islam, tetapi  juga semua perkataan dan perbuatan nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan bagi umatnya. Semua perbuatan dan perkataan nabi Muhamad SAW tertulis dalam Hadits. Kita manusia sebagai umatnya sudah sepatutnya menjalankan Hadits dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam kehidupan sehari-hari hadits memiliki peranan yang sangat penting yaitu sebagai tuntunan sunah-sunah rasul agar kita dapat mengetahui perbuatan yang salah dan yang benar. Selain itu, agar kita tahu pribadi seorang Rasulullah SAW yang sudah jelas kebenarannya dan dapat mengubah diri kita agar menjadi pribadi yang lebih baik.

Hadits terdiri atas beberapa struktur. Pertama, Sanad ialah perawi (periwayat) hadits. Sanad terdiri atas seluruh perawi mulai dari orang yang mencatat hadits dalam kitab hadits sampai mencapai Rasulullah SAW. Sanad, memberikan gambaran keaslian suatu riwayat. Kedua, Matan ialah redaksi dari hadits.

Ada satu hal yang sangat jelas bagi umat islam yaitu kita harus mendahulukan mempelajari Al Qur`an sebelum mempelajari hadits. Para ahli hadits berpendapat bahwa tidak boleh seseorang mempelajari hadits, kecuali setelah belajar membaca Al Qur`an dan menghafalnya. Baik itu sebagian maupun secara keseluruhan. Selain itu, sudah menjadi kewabijan umat muslim untuk mempelajari Al-Qur’an dan hadits serta mengamalkanya dalam kehidupan sehari-hari.

Hadits ini mencakup berbagai hal dalam kehidupan sehari-hari. Ada hadits tentang cara beribadah, hubungan dengan sesama manusia, sifat-sifat yang dimiliki Rasullullah, Sejarah agama Islam, keimanan dan ketakwaan, membersihkan diri, dan sebagainya.

Dengan mengamalkan hadist dalam kehidupan sehari-hari, kehidupan kita akan menjadi lebih baik lagi dari hari ke hari. Jiwa kita akan menjadi lebih damai dan tentram, hati kita akan selalu bersih dan selalu menuju kepada kebaikan. Segala urusan kita akan menjadi lebih terasa mudah.

Itulah sedikit informasi tentang peranan hadits dalam keseharian kita sebagai seorang muslim. Ilmu hadits adalah ilmu yang paling berkah dan ilmu yang paling bermanfaat. Oleh karena itu, terapkanlah hadits dalam kehidupan sehari-hari.

Selanjutnya : Penjelasan tentang Agama Orang Eskimo
Sebelumnya: Novel Laskar Pelangi dan Kandungan Nilainya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar