Lunturnya Peranan Norma Ketimuran dalam Kasus Korupsi di Indonesia

Lunturnya peranan norma ketimuran dalam kasus korupsi di Indonesia menjadikan negara ini sebagai negara dengan tingkat korupsi tertinggi di dunia. Sungguh merupakan suatu fakta yang menyayat hati, terlebih Indonesia dikenal sebagai negara yang menjunjung tinggi norma ketimuran.

Norma ketimuran atau yang lebih sering disebut dengan budaya bangsa timur yaitu budaya yang lebih mengutamakan nilai-nilai moral, kejujuran, rukun dan sikap menghormati antar sesama. Sayangnya norma ini perlahan-lahan mulai terkikis pada sebagian masyarakat Indonesia. Dampaknya banyak masyarakat kita yang justru berprilaku menyimpang, contohnya saja kasus korupsi yang semakin merajalela.

Loading...

Jika masyarakat Indonesia memegang teguh norma ketimuran yang ada, maka kita akan lebih mementingkan kejujuran dan melakukan segala sesuatu atas dasar nilai moral. Yang mana berarti akan menjauhkan diri kita dari sesuatu yang tidak dibenarkan baik secara hukum maupun agama.

Kasus Korupsi

Dewasa ini kasus korupsi sepertinya bukan lagi hal yang sulit untuk dijumpai. Yang lebih memprihatinkan, korupsi ini tidak hanya terjadi disekeliling kita, melainkan sudah merajalela di instansi pemerintah yang notabenya mereka seharusnya menjadi suritauladan bagi warga Indonesia.

Korupsi bisa terjadi karena dua alasan, alasan pertama yaitu pribadi yang bersangkutan. Kepribadian dan nilai-nilai moral yang dianut seseorang sangat berpengaruh terhadap apa yang mereka kerjakan. Seseorang yang memiliki kepribadian buruk seperti suka berbohong, curang, serakah pasti lebih rentan untuk melakukan tindakan korupsi daripada mereka yang memiliki kepribadian yang baik.

Alasan kedua korupsi bisa terjadi karena adanya faktor lingkungan. Disini yang termasuk ke dalam faktor lingkungan adalah norma-norma yang ada di masyarakat tersebut. Semakin lemahnya peran suatu norma di masyarakat, semakin liar perilaku masyarakatnya.

Untuk menanggulangi kasus korupsi ini, seharusnya masyarakat Indonesia dan pemerintah bersama-sama menegakkan hukum yang berlaku. Selain itu menanamkan norma ketimuran sejak dini kepada anak juga bisa dilakukan sehingga mencegah anak melakukan tindakan korupsi di waktu yang akan mendatang. Dengan begitu citra Indonesia di mata dunia akan berubah menjadi lebih baik.

Sesungguhnya tidak hanya peranan norma ketimuran dalam kasus korupsi saja yang perlu ditingkatkan, tapi juga dalam segala aspek. Hal ini guna menjaga norma timur agar tidak hilang atau terpengaruh oleh modernisasi dan globalisasi.

Loading...
Selanjutnya : Bagaimanakah Kelemahan dan Kelebihan Yamaha Byson
Sebelumnya: Penemu Permainan Monopoli Populer
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar