Peranan Penting Protein dalam Tubuh Manusia untuk Kehidupannya


Banyak masyarakat Indonesia yang belum menyadari peranan penting protein dalam tubuh manusia untuk kehidupannya. Itulah mengapa, dalam mengkonsumsi makanan, banyak yang belum memikirkan mengenai keseimbangan gizi, terutama untuk anak-anak. Akibatnya, asupan yang dikonsumsipun sekedar mampu untuk membuat efek kenyang, namun kandungan manfaat di dalamnya belum mampu memenuhi standar minimal. Salah satunya adalah kecukupan akan protein.

Hal ini tidak akan terjadi jika manusia sudah mengetahui peranan penting protein dalam tubuh manusia untuk kehidupannya. Dimana protein merupakan salah satu kebutuhan dasar yang harus dipenuhi oleh manusia. mengingat semua sel hidup akan memiliki hubungan dengan zat gizi yang terkandung dalam protein.Molekul protein sendiri disusun dari beberapa asam amino sebagai bahan dasarnya. Setiap molekul yang terdapat dalam asam amino ini, akan diikat oleh sebuah ikatan yang diberi nama ikatan peptida.

Kebutuhan akan protein yang diperlukan oleh manusia, tidak bisa didapatkan dari dalam tubuh saja. Manusia membutuhkan tambahan protein yang berasal dari luar tubuh melalui asupan makanan. Itulah mengapa dalam kandungan makanan yang dikonsumsi oleh manusia harus terkandung protein untuk membantu memenuhi kebutuhan protein manusia setiap harinya.

Fungsi Protein

Sebagai sebuah zat yang penting untuk tubuh manusia, protein memiliki beberapa fungsi yang sangat penting. Beberapa fungsi protein bagi tubuh manusia antara lain adalah :

1.  Sebagai zat pembangun. Artinya, protein akan membantu membentuk beberapa jaringan tubuh baru. Misalnya dalam masa pertumbuhan, untuk membantu pembentukan jaringan menjadi sebuah jaringan baru yang lebih baik. Selain itu, pada masa kehamilan, akan terjadi pembentukan jaringan baru pada janin yang sedang dikandung.

2.  Sebagai zat pengatur. Protein memiliki fungsi untuk mengatur proses tubuh, baik yang terjadi secara langsung atau tidak.

3.  Penambah tenaga. Di dalam protein terkandung unsur karbon yang mampu memberikan energi pada manusia. Apabila kebutuhan akan karbohidrat manusia tidak terpenuhi, untuk mencukupinya diambillah dari karbon yang terdapat pada protein. Dengan demikian proses pembakaran dalam tubuh untuk menghasilkan energi bisa tetap berfungsi sebagaimana mestinya. Sisa dari protein yang tidak termanfaatkan untuk menambah karbon di dalam tubuh, akan berfungsi seperti biasanya, yaitu membantu membentuk jaringan.

Selanjutnya : Kata-kata Buat Orang yang Main Belakang
Sebelumnya: Waktu Shalat Hajat yang Tepat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar