Peranan Wohler pada Biokimia

Peranan Wohler pada biokimia adalah menjadikannya sebagai bidang ilmu studi dalam cabang ilmu kimia. Biokimia berasal dari bahasa Yunani yang terdiri atas dua kata, yaitu “bios” yang berarti kehidupan dan kata “chemis” yang berarti kimia. Biokimia sendiri merupakan cabang ilmu yang mempelajari reaksi kimia kehidupan, dasar-dasar kimia, dan interaksi antara molekul dalam sel makhluk hidup.

Biokimia sangat penting bagi kehidupan kita karena kita bisa mengetahui berbagai reaksi kimia yang terjadi dalam kehidupan dengan biokimia. Tentu saja kita masih ingat dengan beberapa reaksi kimia di laboratorium. Rekasi kimia yang dihasilkan di laboratorium percobaan kimia tidak hanya menampilkan berbagai reaksi kimia, tetapi juga bisa menganalisisnya berdasarkan hasil reaksinya.

Sejarah Singkat Biokimia

Setiap cabang ilmu studi tentu mengalami proses yang cukup panjang sehingga bisa dikatakan sebagai ilmu studi. Sebuah pengetahuan dikatakan memenuhi syarat sebagai ilmu karena sudah memenuhi syarat terbentuknya ilmu yang berdasarkan sudut pandang filsafat sebagai induk dari semua cabang ilmu pengetahuan. Demikian halnya dengan biokimia yang sudah mengalami proses sampai akhirnya memenuhi syarat terbentuknya ilmu.

Biokimia yang sudah dijadikan sebagai ilmu studi dalam ilmu kimia ini bisa kita jadikan rujukan untuk memahami lebih lanjut apa dan bagaimana biokimia. Pemahaman yang lebih menyeluruh dan komprehensif bisa dipahami sejak biokimia sudah dijadikan sebagai ilmu studi.

Bagaimana ilmu studi biokimia bisa terjadi? Apakah sama dengan proses terbentuknya cabang ilmu alam yang lainnya? Peranan Wohler pada biokimia sangat besar. Mengapa demikian? Berkat Wohler, biokimia sebagai ilmu yang mempelajari reaksi-reaksi kimia dalam kehidupan dan dasar-dasar kimia ini terbentuk menjadi ilmu studi dalam ilmu kimia.

Biokimia bisa menjadi sebuah ilmu studi berkat sebuah penelitian yang dilakukannya pada awal abad ke-19. Dia menemukan zat urea dalam urine manusia. Urine manusia dalam biokimia ini bisa dibuat di laboratorium dengan cara memanaskan alkali sianat yang sudah dicampur garam amonium.

Perkembangan Biokimia

Biokimia tidak hanya dikembangkan oleh Friedrick Wohler dan para ahli kimia, tetapi juga oleh para ahli biologi. Hal ini menunjukkan bahwa biokimia bisa dipahami dan dipelajari oleh cabang ilmu lain. Selain bisa membuat urine manusia, biokimia juga mampu membuat sel-sel ragi yang sudah mati bisa mengubah fermentasi gula menjadi larutan alkohol.

Perkembangan biokimia tentu saja tidak berhenti sampai di sini. Masih banyak jasa yang sudah diberikan oleh ilmu studi biokimia ini terhadap kehidupan manusia. Demikianlah ulasan singkat mengenai peranan Wohler pada biokimia sebagai orang yang telah berjasa menjadikan biokimia sebagai ilmu studi. Semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Jam Buka ITC Mangga Dua sebagai Kawasan Belanja di Jakarta
Sebelumnya: Perang Salib versi Dunia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar