Ratatouille, Makanan Khas Perancis Tempo Dulu

Perancis tempo dulu memang  daya pikatnya yang luar biasa. Selain di bidang arsitektur yang bergaya klasik-vintage, daya pikat ini juga ada di bidang masakan nenek moyang Perancis.

Ratatouille

Ratatouille, begitulah masyarakat perancis maupun dunia menyebut masakan ini.
Ratatouille merupakan makanan khas dan tradisional yang dimiliki oleh Perancis. Meskipun demikian berbagai sumber menyatakan, jika makanan yang pada dasarnya adalah tumis sayur ini, mempunyai saudara kembar di berbagai negara. Sebut saja seperti pinakblet di Filiphina dan coponata yang berasal dari Itali.

Ratatouille berasal dari sebuah daerah di Perancis yang bernama Nice. Nice merupakan kota kebudayaan bagi Perancis karena masih terdapat banyak bangunan kuno disana. Hal ini tentu saja menjadi magnet bagi wisatawan untuk mengunjunginya.

Meskipun Nice merupakan kota yang padat pengunjung, tidak lantas si “cantik” ini merubah total dirinya. Nice masih tetap mempertahankan kebudayaan-kebudayaan tempo dulunya, termasuk keontetikan rasa dari ratatouille.

Dahulu, ratatouille identik dengan makanan orang miskin di Perancis. Petani-petani miskin di sana sering memasak ratatouille pada musim panas. Kenapa musim panas??? Karena pada dasarnya ratatouille ini terbuat dari sayur yang dihasilkan di musim panas. Petani-petani miskin ini dengan sigap mengelola hasil panen mereka untuk menjadi masakan sederhana, yaitu ratatouille.

Bahan dasar ratatouille terdiri dari tomat, timun jepang atau yang biasa disebut zucchini, cabai hijau dan merah serta bawang. Seiring berjalannya waktu, beberapa pihak bereksperimen dengan menambahkan terong sebagai bahan dasar ratatouille.

Dari segi pengolahannya, masakan ini tidak memerlukan teknik khusus. Anda cukup menumis semua bahan yang ada dengan menggunakan minyak zaitun. Atau mungkin juga dapat memakai cara yang lain yaitu timun, tomat dan terong di tumis, sementara bumbu rempah lainnya di olah menjadi saos. Makanan ini biasanya disajikan bersama nasi atau roti.

Ratatouille, sebuah masakan tradisional yang mengandung banyak filosofi ini akhirnya menginspirasi seorang sutradara yang bernama Brad Bitt untuk membuat sebuah cerita animasi mengenai si ‘lezat’ yang satu ini. Film animasi yang diluncurkan tahun 2007 ini juga diberi nama ratatouille.

Bagaimana…apakah anda tergoda untuk mencicipi makanan khas Perancis tempo dulu ini? Tidak usah jauh-jauh datang ke Perancis, di rumah anda sendiri pun ratatouille yang lezat bisa diciptakan. Selamat mencoba.

Selanjutnya : Mengenal Jenis-jenis Anemia dan Gejala Anemia
Sebelumnya: Pencemaran Air Disebabkan oleh Apa?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

loading