Cara Perawatan Tanaman Karet yang Baik dan Benar


Bagi Anda para pengusaha atau calon pengusaha di bidang perkebunan, terutama karet, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu cara perawatan tanaman karet agar hasli yang didapatkan lebih maksimal dan juga menghasilkan pohon karet yang memiliki kualitas tinggi.

Tanaman Karet dan Cara Perawatannya

Tanaman karet merupakan penyumbang terbesar industri ban di dunia. Pohon karet merupakan bahan dasar pembuatan ban dan berbagai alat kesehatan di dunia. Alat kesehatan yang dimaksud adalah alat yang memerlukan efek kelenturan atau elastisitas yang tinggi.

Pohon karet menghasilkan sebuah cairan yang terkandung dalam bahan lateks. Lateks dihasilkan dengan cara menyayat secara berpola bagian kulit pohon karet dan menggantungkan sebuah wadah yang berfungsi untuk menampung getah karet yang turun melewati sayatan yang telah dibuat.

Saat merawat tanaman karet, sebaiknya kita perhatikan iklim tempat tanaman itu tumbuh. Iklim yang ideal untuk menanam karet berkisar antara 150 LS dan 150 LU. Dengan begitu, pertumbuhan karet akan menjadi maksimal dan menghasilkan lateks yang berkualitas.

Tanaman karet tumbuh subur pada ketinggian 200m di atas permukaan laut. Jika melebihi itu maka dikhawatirkan tanaman ini tidak dapat tumbuh dengan baik dan juga dapat menyebabkan kualitas tanaman karet menjadi tidak optimal.

Sedangkan suhu yang diperlukan adalah antara 250C hingga 35oC. Selain memerhatikan faktor alami penunjang pertumbuhan, faktor lain juga perlu diperhatikan, seperti gulma yang menempel pada tanaman.

Anda harus membersihkan setiap gulma yang menempel untuk membuat tanaman ini tetap tumbuh dengan baik. Saat Anda menyayat kulit tanaman karet, selalu perhatikan bekas sayatan tersebut. Sayatan itu harus tetap bersih dan bebas dari kotoran, selain itu sayatan yang salah dapat mengakibatkan kulit pohon menjadi rusak dan lateks yang dihasilkan tidak maksimal.

Pemupukan juga harus dilakukan agar tanaman karet dapat tumbuh dengan baik dan juga agar tanaman karet dapat menghasilkan lateks yang memiliki kualitas serta kuantitas yang banyak. Pemupukan yang sembarangan akan membuat tanaman sulit tumbuh.

Demikianlah cara perawatan tanaman karet yang baik dan benar. Ikutilah cara tersebut agar tanaman karet yang dihasilkan tumbuh dengan baik, subur, dan memberikan hasil yang optimal.

Selanjutnya : Aplikasi Mengubah Foto Menjadi Kartun
Sebelumnya: Bagaimana Pembayaran Belanja e-Bay
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar