Cara Perbaiki TV Sharp


Bila suatu saat televisi di rumah Anda bermasalah dan Anda harus perbaiki TV Sharp tersebut. Anda jangan langsung panik karena banyak cara untuk memperbaiki sebuah pesawat tv, sehingga tidak perlu mengeluarkan dana tamabahan untuk televisi baru.

Cara Servis TV

Berikut cara untuk menservis televisi yang mati total atau perbaiki TV Sharp kesayangan Anda. Pertama-tama kita harus melihat  IC controlnya dulu. Biasanya IC control inilah yang menjadi penyebab  televisi bisa mati total. Karena IC control yang tidak bekerja inilah  makanya IC prosesor tidak mendapat trigger atau input  data dari IC control. Pada umumnya  IC control jarang  rusak kecuali bila pesawat televisi terkena petir. IC control ini seharusnya  mendapatkan tegangan yang kurang lebih 5 volt. Ini juga tergantung pada  type IC control tadi.

Selain karena  IC control, banyak penyebab matinya pesawat televisi yang perlu Anda ketahui seperti  power supply yang sudah lemah sehingga tidak bekerja maksimal, rangkaian control dan IC yang kotor atau  lembab,  dan sebagainya. Namun bila Anda bukan seorang yang mengerti elektronik dan merasa ragu untuk memperbaiki sendiri pesawat televisi Anda, mungkin tukang servis tv adalah tempat tujuan terbaik. Namun bila ternyata tukang servis tv juga sudah menyerah dengan kondisi pesawat televisi Anda. Mungkin membeli pesawat tv baru tak ada salahnya bukan?

Dilema Pilih TV LCD atau TV Plasma

Sekarang yang banyak terdapat di pasaran adalah TV LCD dan TV Plasma. Sebenarnya apa saja sih bedanya. Mengapa harus ada dua jenis TV sehingga membingungkan untuk memilihnya? Mungkin pertanyaan itu juga terlintas dalam benak Anda.

Sebenarnya TV LCD memiliki teknologi yang tak jauh beda dengan  monitor layar datar atau layar laptop. Ukurannya ringan dan kompak, memiliki layar dengan resolusi tinggi dan layar TV LCD ini  terdiri atas jutaan kristal. Kristal-kristal tersebut  dibungkus dengan  lapisan kaca tipis. Setiap kristal memiliki respons yang berbeda terhadap pengaruh energi listrik. Hal inilah  yang membuat tampilan tayangan di layar LCD pun jadi memiliki aneka ragam warna.

Sedangkan layar plasma TV memakai teknologi berbentuk bola-bola kaca kecil. Bola-bola kecil ini bagian dalamnya berisi gas. Gas inilah  yang disebut dengan plasma. Saat gas plasma ini dialiri energi listrik, gas ini kemudian mengeluarkan sinar ultraviolet yang  kemudian membakar lapisan kaca yang terdapat pada layar. Efeknya adalah layar lalu berubah dari warna hitam menjadi berwarna.

Selain perbedaan dari segi teknologi, ukuran dan dimensinya juga berbeda. Hal ini disebabkan karena TV LCD didesain untuk dijadikan sebagai monitor komputer. Beda dengan plasma TV yang memang dirancang sebagai pesawat televisi. Itulah beberapa tips perbaiki tv sharp, semoga dapat menambah wawasan Anda.

Selanjutnya : Kandang Kura Kura Brazil
Sebelumnya: Mengapa Belanda Negara Bawah Air ?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar