Pengertian dan Perbandingan Kamera DSLR dengan SLR


Fotografi merupakan dunia yang kini sedang marak digeluti oleh berbagai kalangan di dunia. Fotografi sekarang ini tak hanya terpaku pada orang-orang yang memiliki profesi sebagai tukang foto saja. Kini, masyarakat awam pun telah banyak yang memepelajari teknik fotografi sebagai bagian dari gaya hidup. Berikut ini kami sajikan perbandingan kamera DSLR bagi Anda yang ingin mempelajari fotografi lebih dalam.

Mengenal Kamera DSLR

DSLR adalah singkatan dari digital single lens reflex. Kamera jenis ini akan menghasilkan gambar yang tajam dan juga alami. Kamera jenis ini memanfaatkan cermin dalam mengarahkan cahaya yang diperoleh dari lensa ke view finder (lubang kecil untuk melihat objek foto).

Lalu apakah Anda sering kebingungan tentang kamera jenis DSLR? Samakah kamera ini dengan SLR? Jika kita melihat dari segi bentuk luar, kamera ini memiliki bentuk yang mirip. Sama-sama berwarna hitam, terlihat elegan, dan juga memiliki lensa depan.Hanya saja DSLR merupakan bentuk pengembangan yang lebih modern daripada SLR. Perbedaannya terletak pada perangkat elektronik penangkap sensor cahaya yang hanya dimiliki DSLR.

Pengguna kamera DSLR tak hanya terpaku pada fotografer profesional yang mengabadikan berbagai momen dengan tepat dan menakjubkan. Orang awam yang tertarik pada dunia fotografi pun kini sering terlihat menggantungkan kamera ini di lehernya.

Seperti yang kita ketahui bersama, perkembangan zaman semakin melaju pesat. Jika dulu orang-orang hanya menggunakan kamera ponsel maupun kamera saku, kini mereka lebih memilih menggunakan kamera DSLR sebagai bagian dari gaya hidup yang menuntut untuk selalu tampil lebih baik.

Mereka bergabung dalam sebuah komunitas pencinta foto untuk mulai belajar memotret dengan baik dan benar, walaupun sebenarnya profesi mereka itu berbeda-beda. Ada yang merupakan mahasiswa, ada yang seorang akuntan, pegawai negeri sipil, pelajar, maupun pejabat.

Mereka semua tidak berminat untuk menjadi fotografer profesional dan mendedikasikan diri mereka untuk memotret, hanya saja hobi yang mereka miliki membuat mereka ingin mempelajari lebih jauh dunia fotografi.

Demkianlah penjelasan mengenai pengertian dan perbandingan kamera DSLR dengan SLR. Semoga memberikan pengetahuan lebih kepada Anda yang menyukai dunia fotografi.

Selanjutnya : Sejarah Islam Masuk Indonesia
Sebelumnya: Bagian Bawah Perut Kanan Sakit
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar