Perbedaan Bani Abbasiyah dan Bani Umayah


Dalam sejarah agama Islam, dikenal peradaban-peradaban yang maju. Peradaban maju tersebut diantaranya adalah Bani Abbasiyyah dan Bani Umayyah. Apakah perbedaan Bani Abbasiyah dan Bani Umayah? Berikut akan kami bahas untuk anda.

Dinasti Umayyah

Dinasti Umayyah atau bani umayyah merupakan peradaban Islam terkenal yang menganut sistem pemerintahan konfederasi provinsi yang hampir sama dengan yang diterapkan Rasul yaitu konfederasi kabilah.

Pada konfederasi provinsi, ada kebijakan untuk menggabungkan beberapa wilayah menjadi satu provinsi. Gubernur pada masa itu memiliki kekuasaan dalam bidang administrasi politik dan militer suatu provinsi.

Dinasti Umayyah sangat menjunjung tinggi budaya Arab, dan semua pejabat di dalamnya harus merupakan orang Arab murni. Dinasti yang berdiri pada tahun 661 M ini harus runtuh akibat dari melemahnya sistem politik dan ekonomi karena ada perebutan kekuasaan yang terjadi dari dalamnya.

Dinasti Abbasiyyah

Bani Abbasiyyah muncul sebagai wujud pergantian dari Bani Umayyah. Bani Abbasiyyah berdiri pada tahun 750 M dan kekuasaannya berlangsung selama 524 tahun. Walaupun merupakan kelanjutan dari Bani Umayyah, namun Bani Abbasiyyah memiliki perbedaan.

Salah satunya adalah dari segi pejabat yang ada di dalam pemerintahan. Selain Arab murni, Bani Abbasiyyah telah terpengaruh corak peradaban dari Persia, Romawi dan Mesir.

Masalah administrasi dinasti ini banyak dipegang oleh orang Persia, akibatnya banyak rakyat yang protes karena pemerintahan tersebut malah pro pada Persia, bukan pada Arab murni. Lalu muncul gerakan keagamaan yang bertendensi pada politik menyebabkan dinasti ini goyah.

Perbedaan lain dari 2 dinasti ini adalah pada zaman Bani Abbasiyyah kepemilikan tanah merupakan hak penuh negara, sedangkan zaman Bani Umayyah hak kepemilikan tanah merupakan milik umat Islam, namun diwakili oleh Khalifah.

Melihat dua dinasti besar yang akhirnya goyah tersebut ada hikmah yang dapat dipetik, yaitu tetap jadikan agama sebagai pedoman, jangan sampai kekuasaan di dunia menyebabkan pemimpin terlena. Hal tersebutlah yang cepat atau lambat menyebabkan kehancuran bagi dirinya.

Semoga uraian mengenai perbedaan Bani Abbasiyah dan Bani Umayah ini dapat bermanfaat dan dapat dijadikan cerminan bagi kita semua.

Selanjutnya : Aneka Tips Agar Melahirkan Mudah
Sebelumnya: Susu White Gen untuk Anak
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar