Perbedaan Cagar Alam dan Suaka Margasatwa


Perbedaan cagar alam dan suaka margasatwa tidak banyak orang tahu meski sebenarnya itu hal umum. Jika ingin mengenal suaka margasatwa tidaklah sulit. Tapi satu sisi memang memiliki kesamaan yaitu sama-sama melindungi warisan budaya.

Hanya saja, jika cagar alam adalah melindungi binatang, tanah, tanaman dan semisalnya, namun suaka margasatwa khusus melindungi satwa saja. Makanya, pengertian cagar alam memiliki artian lebih luas. 

Letak suaka margasatwa dan cagar alam di Indonesia, sebenarnya banyak sekali. Karena Indonesia adalah negara dengan keindahan alam serta satwanya yang luar biasa. Hewan yang terdapat di suaka margasatwa dan cagar alam pun sangat beragam.

Tapi pada umumnya adalah hewan yang memang dilindungi oleh pemerintah. Jika Anda sudah paham tentang perbedaan suaka margasatwa dan cagar alam. Kita lihat beberapa suaka margasatwa dan cagar alam yang ada di Indonesia berikut ini:

Suaka marga satwa di Indonesia

  1. Kerumutan di Riau
  2. Berbak di Jambi
  3. Paliyan di Yogyakarta
  4. Muara angke di Jakarta Utara
  5. Harlu di NTT
  6. Way Kambas di Lampung
  7. Langkat Barat dan Selatan di Sumatera Utara
  8. Sendangkerta di Tasikmalaya
  9. Bukit Rimbang Baling di Riau
  10. Pangandaran di Jawa Barat
  11. Lamandau di Kalimantan Tengah
  12. Gunung Rinjani di NTB

Cagar alam di Indonesia

  1. Rimbopanti
  2. Raflesia
  3. Gunung Krakatau
  4. Hutan Pinus Jantoi
  5. Sibolangit
  6. Gunung Singgalang Tandikat
  7. Gua Ulu Tingko
  8. Sungai Bahelo
  9. Pager Gunung
  10. Gunung Palung

Nah, apa yang disebutkan diatas hanyalah diantaranya cagar alam dan suaka margasatwa yang ada di Indonesia. Sebenarnya masih sangat banyak daftar cagar alam maupun suaka margasatwa yang ada di Indonesia. Semua tempat-tempat tersebut adalah salah satu perhatian pemerintah untuk senantiasa melestarikan kekayaan alam yang dimiliki oleh Indonesia.

Setelah kita mengetahui perbedaan cagar alam dan suaka margasatwa, kita tentunya mampu ikut berpartisipasi dalam melestarikan seluruh kekayaan alam Indonesia, baik dari segi flora maupun faunanya dengan selalu menjaga dan tidak merusak serta memburu hewan-hewan yang dilindungi. Selamamat berpartisipasi dan semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Detak Jantung Normal Orang Dewasa
Sebelumnya: Pengertian Kanibalisme dan Kehidupan Manusia Kanibal
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar