Perbedaan Hutan Lindung dan Hutan Suaka Margasatwa

Perbedaan hutan lindung dan hutan suaka margasatwa secara mendasar terletak pada fungsi dari kedua hutan tersebut. Fungsi ini yang juga menentukan pengertian atau definisi dari kedua hutan tersebut.

Mungkin ada dari kita yang memang tidak mengerti manfaat hutan lindung, hutan suaka margasatwa, ataupun hutan yang lain. Yang biasa ditemui adalah hutan yang alami, atau bahkan tidak terawat. Perbedaan antara hutan lindung dan hutan suaka margasatwa ataupun hutan lain itu terletak pada tujuan pembuatan hutan tersebut.

Hutan Lindung

Hutan lindung merupakan kawasan atau daerah hutan yang telah ditetapkan oleh pemerintah maupun masyarakat sekitar atau kelompok tertentu sebagai kawasan yang dilindungi.

Penetapan tersebut diatur dalam kesepakatan bersama sehingga perawatannya pun dilakukan bersama-sama. Pembuatan hutan lindung adalah agar fungsi ekologi dari kawasan tersebut bisa dilindungi.

Hutan memiliki fungsi ekologi yang sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia. Beberapa fungsi tersebut adalah sebagai berikut.

1. Mencegah terjadinya tanah longsor
2. Pengaturan tata air
3. Sebagai sumber air bersih
4. Mencegah terjadinya erosi
5. Pemeliharaan kesuburan tanah
6. Mencegah terjadinya intrusi air laut
7. Sebagai daerah tangkapan hujan

Melihat fungsinya, hutan lindung memiliki fungsi yang cukup krusial atau penting bagi kehidupan manusia. Dengan adanya hutan lindung, kehidupan manusia bisa lebih terjamin terutama ketersediaan air bersih dan udara bersih. Banyak pohon akan melancarkan proses pertukaran oksigen dan karbondioksida yang dihasilkan oleh aktivitas manusia.

Hutan Suaka Margasatwa

Hutan suaka margasatwa merupakan hutan yang berfungsi untuk melindungi berbagai kehidupan hewan yang ada di dalamnya. Suaka memiliki arti pelrindungan, sedangkan margasatwa adalah keturunan hewan. Oleh karena itu, sangat wajar jika hutan ini ditujukan untuk melindungi hewan.

Hewan atau binatang yang dilindungi adalah hewan khusus yang bisa jadi terancam punah karena berbagai faktor. Tidak hanya itu, hal tersebut juga dikarenakan adanya kepentingan penelitian dan berbagai faktor budaya setempat sehingga hewan tersebut membutuhkan perlindungan.

Upaya suaka atau perlindungan yang dilakukan oleh pemerintah bisa secara sengaja terhadap hewan tersebut ataupun dilakukan secara alami. Perlindungan secara sengaja adalah dengan melakukan penangkaran seperti yang terjadi pada orang utan dan hewan-hewan langka lain.

Jadi sekarang jelas sekali perbedaan hutan lindung dan hutan suaka margasatwa. Meskipun terkadang banyak orang masih salah mengartikan keduanya dan menganggapnya sebagai hal yang sama.

Loading...
Selanjutnya : Membentengi Iman Terhadap Kemunculan Dajal (Baba) dari India
Sebelumnya: Kelebihan Stek Tanaman
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar