Perbedaan Hutan Tanaman dan Hutan Alam


Judul            : Perbedaan Hutan Tanaman dan Hutan Alam
Kata Kunci Utama    : Perbedaan Hutan Tanaman dan Hutan Alam
Meta Tag        :Jasa hutan secara umum, Keberadaan hutan di Indonesia, Jenis-jenis hutan di Indonesia, perbedaan hutan tanaman dan hutan alam, Asal terbentuknya hutan buatan, Karakteristik hutan buatan, fungsi hutan buatan, Asal terbentuknya hutan alam, Fungsi hutan alam, Karakteristik hutan alam.

Hutan mempunyai jasa yang sangat besar bagi kelangsungan makhluk hidup terutama manusia. Salah satu jasa hutan adalah mengambil karbon dioksida dari udara dan menggantimya dengan oksigen yang diperlukan makhluk lain. Indonesia masuk kedalam daftar 10 negara yang memiliki wilayah hutan terluas di dunia.

Keberadaan hutan di Indonesia sangat penting tak hanya untuk bangsa Indonesia tetapi juga bagi semua makhluk hidup di bumi. Hutan di Indonesia sering dijuluki sebagai paru-paru dunia. Di Indonesia terdapat banyak sekali jenis-jenis hutan, diantaranya adalah hutan tanaman dan hutan alam. Lalu, apakah keduanya sama? Tentu saja tidak. Berikut akan dijabarkan perbedaan hutan tanaman dan hutan alam.

Perbedaan yang pertama, dapat dilihat dari segi terbentuknya. Hutan buatan atau yang sering disebut hutan tanaman, terbentuk karena campur tangan manusia. Keberadaan hutan buatan lebih mudah untuk diklasifikasikan. Mengingat hutan jenis ini biasanya memiliki karakteristik yang homogen sehingga lebih mudah dikenali untuk dipelajari.

Homogenitas ini meliputi masalah jenis tanaman, umur tanaman dan metode penanamannya. Sedangkan hutan alam terbentuk tanpa campur tangan manusia. Hutan yang dikenal dengan sebutan hutan primer ini, merupakan suatu lapangan yang ditumbuhi pohon-pohon alami yang secara keseluruhan merupakan persekutuan hidup alam hayati beserta alam lingkungannya.
Sementara untuk hutan alam, karakteristiknya lebih bervariasi. Karena hutan alam terbentuk secara alami, sehingga tidak bisa dikontrol oleh manusia. Baik itu dalam hal jenis tanaman yang ada hingga umur tanaman yang berbeda-beda.

Perbedaan kedua, terletak pada fungsi dari masing-masing hutan. Karena sengaja diciptakan oleh manusia, hutan buatan memiliki beberapa tujuan. Seperti memenuhi kebutuhan industri manusia, penghijauan dan wisata. Hutan buatan ini akan bertindak sebagai sumber energi penetral karbondioksida yang ramah lingkungan.

Sedangkan hutan alam berfungsi sebagai penyangga keseimbangan ekosistem dan perlindungan kehidupan alam. Selain itu, hutan ini juga digunakan untuk prokteksi daerah aliran air, pengendalian erosi, serta penyimpanan cadangan air.

Terlepas dari perbedaan hutan tanaman dan hutan alam, apapun jenis hutannya, sudah kewajiban kita untuk menjaga kelestariaannya. Dengan menjaga hutan-hutan tersebut berarti kita turut menjaga keseimbangan ekosistem yang ada.

Selanjutnya : Sejarah Olahraga Lempar Lembing di Dunia
Sebelumnya: Cara Mudah Agar Gambar TV LED Jernih
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar