Perbedaan Komunikasi Organisasi dan Komunikasi Kelompok


Setiap manusia pada dasarnya membutuhkan komunikasi sebagai cara mereka untuk menyampaikan aspirasi dan saling mengerti satu sama lain. Dalam ilmu komunikasi, ternyata ada beberapa jenis komunikasi yang harus dipelajari, yaitu komunikasi interpersonal, kelompok dan organisasi. Lalu apakah perbedaan komunikasi organisasi dan komunikasi kelompok? Berikut ulasannya.

Cara Berkomunikasi

Sebagai makhluk sosial, manusia memerlukan interaksi dengan sesamanya. Interaksi tersebut dapat terjalin dengan baik jika dilakukan proses komunikasi yang sesuai dengan tempat dan kejadian yang dialami. Manusia harus bisa menempatkan diri dan melakukan proses komunikasi dengan baik, untuk itu manusia harus mengetahui bentuk-bentuk dari komunikasi tersebut.

Dalam peranannya sebagai mahkluk sosial, manusia memiliki kelompok dan organisasi sebagai tempatnya bernaung. Namun ada yang membedakan antara proses komunikasi yang berlangsung antara kelompok dan organisasi. Komunikasi kelompok lebih bersifat informal, pembagian tugas kurang jelas, tidak mengikat, dilakukan dalam jangka pendek, mengenal satu sama lain secara personal dan ada norma yang diakui.

Sedangkan dalam komunikasi organisasi lebih bersifat formal, adanya pembagian tugas yang jelas, komunikasinya bersifat birokrasi, mengikat, bisa untuk jangka pendek, menengah, hingga jangka panjang, mengenal seseorang berdasarkan posisinya di organisasi dan ada peraturan yang bersifat mengikat dan wajib dilaksanakan.

Dari kriteria di atas, kita sudah dapat mengambil kesimpulan bahwa komunikasi kelompok dan komunikasi organisasi memiliki perbedaan yang sangat jelas. Jadi kita tidak bisa melakukan komunikasi ala kelompok pada suatu organisasi yang kita ikuti.

Jika diibaratkan sebagai sekolah, maka komunikasi kelompok bisa dilakukan saat menjadi bagian di kelompok bermain, kelompok belajar, kelompok membaca, kelompok piket dan lain sebagainnya. Sedangkan komunikasi organisasi dilakukan pada saat kita mengikuti organisasi OSIS, PMR, Paskibra dan lain sebagainya.

Maka dari itu bedakanlah cara berkomunikasi kita pada saat menghadapi kelompok dan organisasi yang diikuti untuk mendapatkan kesan dan proses komunikasi yang baik. Sehingga tidak akan terjadi salah paham antar anggota.

Perbedaan komunikasi organisasi dan komunikasi kelompok dirasa penting untuk dipelajari mengingat kebutuhan manusia akan organisasi dan kelompok selalu ada. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Peninggalan Tata Kota yang Teratur pada Masa Kebudayaan India Kuno Terdapat di Pakistan
Sebelumnya: Mendalami Hadits tentang Sabar dan Ikhlas
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar