Perbedaan Pemakaian Cincin Wanita dan Pria


Perbedaan pemakaian cincin antara pria dan wanita sebetulnya tidak terlalu menyolok. Meskipun kalangan wanita lebih banyak yang mengenakan cincin, trend fashion cincin untuk pria pun juga makin beragam. Salah satu yang kita ulas saat ini adalah pemakaian perhiasan seperti cincin di jari tangan. Hanya saja terdapat perbedaan cara dan bahan pemakaian cincin bagi kalangan wanita dan pria.

Wanita Memakai Cincin

Di dalam berhias, ada beberapa hal yang diperbolehkan, dianjurkan namun juga dilarang dilakukan oleh wanita. Berhias yang diperbolehkan adalah seperti menyisir rambut, memakai perhiasaan yang tak berlebihan serta berhias lainnya yang tak bertentangan dengan ajaran Islam.

Sedangkan berhias yang dianjurkan adalah berhias untuk suami, berhias memakai celak ataupun memakai pacar di kuku jari tangan. Dan berhias yang dilarang adalah berhias yang berlebihan seperti memakai make up yang akan diperlihatkan kepada laki-laki ajnabiy atau laki-laki asing. Sedangkan untuk memakai cincin maka bagi wanita hukumnya adalah boleh atau mubah. Wanita boleh memakai cincin dari jenis apapun juga seperti emas, perak atau bahan yang lainnya.

Pria Memakai Cincin

Hukum pemakaian cincin akan menjadi berbeda ketika ditimpakan kepada kalangan pria. Pria dilarang untuk memakai cincin yang terbuat dari emas karena adanya pengkhususan bagi kalangan pria untuk dilarang memakai perhiasan yang terbuat dari emas seperti halnya cincin emas. Dan hal ini telah dijelaskan di dalam Hadist Nabi yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim.

Sedangkan untuk jenis yang lain selain dari bahan emas maka pria diperbolehkan untuk memakai cincin ini, termasuk adalah penggunaan cincin dari bahan perak. Bila tidak suka dengan perak, bagi pria yang ingin mengenakan cincin bisa menggunakan alternative batu-batu mulia.

Cincin perak diperbolehkan untuk dipakai pria sesuai dengan riwayat yang menunjukan bahwa Rasul mengambil cincin perak dan menuliskan nama Beliau di atas cincin perak tersebut. Dan menurut hadist yang lain menunjukan bahwa bahan perak ini diperbolehkan untuk kalangan pria dalam tiga hal yaitu pedang, cincin dan juga mushaf.

Seorang muslim disebut dengan keberpasrahannya dengan hukum dan aturan yang ada di dalam Islam. Apapun itu pastilah akan diikuti karena sudah menjadi konsekuensi akan kemusliman dan keimanan dirinya. Termasuk di dalam pandangan perbedaan pemakaian cincin ini. Kalangan pria pastilah tidak akan memakai cincin emas karena memang dilarang oleh syariat.

Selanjutnya : Berbagai Macam Jenis Jajanan Pasar
Sebelumnya: Aneka Macam Hewan Langka di Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar