Mengetahui Perbedaan Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif


Ada dua metode penelitian yang sering digunakan di dalam penyusunan karya tulis ilmiah, yaitu penellitian kuantitatif dan kuallitatif. Berikut penjelasan mengenai perbedaan penelitian kuantitatif dan kualitatif.
Penelitian kuantitatif adalah suatu penelitian yang melibatkan pada pengukuran baik melalui perhitungan persentase, perhitungan rata-rata, ataupun melalui perhitungan yang menggunakan skala statistik lain. Ciri utama pada penelitian ini lebih terfokuskan pada penggunaan hitungan angka, tidak berkaitan secara langsung dengan orang banyak karena hanya menggunakan data sampling sebagai pembandingnya.

Penelitian kualitatif adalah suatu penelitian yang dilakukan dengan cara wawancara, tatap muka, atau pengumpulan data melalui individu-individu secara langsung. Dengan kata lain, metode kualitatif cenderung menggunakan data-data historik dan gambar-gambar dalam penelitiannya, lebih sering berkaitan langsung dengan nara sumber dikarenakan penelitiannya melakukan wawancara dan pengumpulan data langsung kelapangan. Berikut ini akan dijelaskan perbedaan antara penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif.

1.  Penelitian Kuantitatif

Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner, indikator, serta skala. Metode pada penelitian ini lebih terstruktur, lebih formal, tetapi tidak luwes. Hipotesis deskriptif menggunakan perbandingan-kausal dan eksperimen. Data yang digunakan biasanya merupakan data sampling yang dianggap dapat mewakili subjek. Pengukuran hasil selalu berdasarkan hasil tes pada hipotesis.

2.  Penelitian Kualitatif

Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian catatan-catatan lapangan dan rekaman. Metode pada penelitian ini lebih cenderung historikal, menggunakan studi kasus, serta lebih luwes. Pada penelitian ini memiliki kecenderungan mencari dan menyimpulkan hipotesis. Data yang digunakan lebih pada data naratif, menggunakan catatan-catatan, video, dan rekaman. Pengukuran dalam metode ini lebih subjektif karena melibatkan peneliti langsung dalam penilaian dan pengamatan subjek.

Namun, penelitian dengan metode kuantitatif dan metode kualitatif dapat dilakukan secara bersamaan. Hal ini dapat terjadi dikarenakan seorang peneliti dalam melakukan penelitiannya merasa data-data yang digunakannnya dalam data statistik kurang menghasilkan kesimpulan yang akurat, sehingga dapat menambahkan penelitiannya dengan cara mewawancarai sumber-sumber lain yang dianggap dapat memperkuat data analisis sebelumnya. Namun, tetap pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif.

Begitu juga dengan penelitian kualitatif, data-data analisis dari metode kuantitatif sering digunakan sebagai pelengkap data. Namun, tetap hasil akhirnya berpegangan pada metode kualitatif itu sendiri. Demikian uraian mengenai perbedaan penelitian kuantitatif dan kualitatif di dalam sebuah penelitian. Semoga uraian tersebut bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Selanjutnya : Kebaikan dan Keburukan Soeharto
Sebelumnya: Fungsi Pundi-pundi Udara pada Burung
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar