Perbedaan Peradaban Yunani dan Romawi


Pada saat kita mempelajari tentang sejarah peradaban dunia maupun tentang sastra, tentu kita akan diajak kembali untuk mempelajari berbagai hal yang berhubungan dengan kebudayaan kuno. Kebudayaan kuno yang paling berpengaruh adalah Yunani dan Romawi. Lalu apakah perbedaan peradaban Yunani dan Romawi? Berikut ini akan kami bahas untuk anda.

Yunani dan Romawi

Pada saat duduk di bangku sekolah, biasanya kita akan dikenalkan tentang berbagai karya dan sejarah tentang berbagai peradaban yang pernah maju pada zaman dulu. Dari berbagai peradaban itu, tampaknya peradaban Romawi dan Yunani lah yang paling banyak dibicarakan dan erat kaitannya dengan berbagai warisan budaya saat ini.

Kebudayaan Romawi terletak di pusat kota Roma Italia, yaitu di lembah sungai Tiber. Romawi didominasi oleh pegunungan dan menganut sistem kepercayaan Polytheins, yaitu mempercayai adanya dewa-dewa yang tinggal di pegunungan Alpen.

Rakyat Romawi melakukan cocok tanam dan perdagangan sebagai mata pencaharian mereka karena kondisi alamnya yang strategis. Rakyat Romawi juga memiliki keahlian di bidang seni bangunan. Bahkan bekas-bekas arsitektur Romawi masih dapat kita saksikan hingga saat ini. Rakyat Romawi pun ahli dalam bidang militer dan politik, tata pemerintahannya pun tersusun dengan sangat rapi.

Sedangkan Yunani terletak di ujung selatan semenanjung balkan. Daerahnya kurang strategis sehingga sulit untuk melakukan komunikasi dan daerah tersebut seolah terisolir dari dunia luar. Bangsa Yunani pun mempercayai dewa-dewa, hanya saja mereka mempercayai bahwa dewanya tinggal di tempat yang tinggi seperti bukit atau gunung.

Masyarakat Yunani banyak yang bekerja sebagai petani. Mereka bertani gandum, anggur, dan zaitun. Lalu ada juga yang beternak domba dan babi. Keadaan alam Yunani yang terpisah-pisah membuat bangsa ini memiliki negara kota atau yang dikenal dengan nama polis. Polis yang terkenal adalah polis Athena dan polis Sparta.

Bangsa Yunani memiliki banyak filsuf terkenal yang menyampaikan hasil karyanya. Hingga saat ini pun kita masih dapat mendengar nama besar para filsuf Yunani yang ikut berperan dalam berbagai karya dan kebudayaan di dunia.

Demikianlah garis besar perbedaan peradaban Yunani dan Romawi. Semoga bermanfaat bagi anda yang mempelajari peradaban kuno.

Selanjutnya : Penyebab Gempa Bumi di Aceh Tahun 2004
Sebelumnya: Perbedaan Perhitungan Laporan Keuangan Bank dan Manufaktur
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar