Beberapa Perbedaan Sedimen dan Metamorf


Beberapa Perbedaan Sedimen dan Metamorf

Kita mengenal beberapa jenis batuan yang terdapat di bumi. Batuan-batuan tersebut di antaranya batuan beku, batuan sedimen, dan batuan metamorf.

Setiap batuan memiliki cara terbentuk dan jenis yang berbeda-beda. Di antara ketiga batuan, pembahasan akan lebih diarahkan kepada perbedaan sedimen dan metamorf. Beberapa perbedaan kedua batuan tersebut adalah sebagai berikut :

1.    Batuan sedimen merupakan jenis batuan yang terbentuk karena adanya aktivitas kimia atau adanya penumpukan dari batuan-batuan yang sudah ada sebelumnya dan menjadikannya berbentuk lapisan-lapisan yang pada akhirnya membentuk batuan baru yaitu batuan sedimen.

Sedangkan batuan metamorf merupakan batuan yang terbentuk dari hasil perubahan batuan yang sudah ada yang mengalami sebuah proses perubahan yang bernama metamorfosis.

2.    Masing-masing batuan terbagi menjadi beberapa jenis yang berbeda. Batuan sedimen terbagi menjadi jenis batuan berdasarkan proses terjadinya pembatuan (klastik, kimiawi, organik), tempat terjadinya pengendapan batuan (teretis, fluvial, marine, glasial, marginal, paludal), dan berdasarkan tenaga pengangkutnya (aquatis, glasial, aeolis, marine).

Sedangkan batuan metamorf dibedakan menjadi tiga yaitu batuan metamorf kontak, batuan metamorf dinamo, dan batuan metamorf kontak pneumotolistis.

3.    Batuan sedimen terbentuk karena adanya proses sedimentasi, batuan metamorf terbentuk karena adanya perubahan batuan melalui proses metamorfosis.

4.    Batuan sedimen berbentuk lapisan-lapisan, batuan metamorf memiliki bentuk baru dari hasil metamorfosis.

5.    Batuan yang termasuk batuan sedimen di antaranya batu garam, batu breksi, batu gips, batu bara, batu gamping, batu pasir, dan masih banyak lagi.

Sedangkan yang termasuk batuan metamorf di antaranya batu sabak, batu marmer, batu skist, dan batu segneis.

Batuan-batuan yang terbentuk seperti batuan sedimen dan batuan metamorf, beberapa jenis dari kedua batuan tersebut bisa digunakan untuk kebutuhan bangunan, hiasan, dan berbagai keperluan lainnya.

Contohnya batu marmer, bisa dijadikan lantai rumah yang indah dan cantik.

Berbagai jenis batuan lainnya yang bisa digunakan untuk menjadi bahan bangunan rumah dan lain-lain.

Perbedaan sedimen dan metamorf ini menjadi pengetahuan bagi kita untuk bisa membedakan jenis batu apa yang digunakan, apakah jenis batuan hasil sedimentasi atau jenis batuan hasil metamorfosis.

Selanjutnya : Rumah Adat Joglo Berasal dari Provinsi Jawa Tengah
Sebelumnya: Cerita Malam Pertama yang Konyol
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar