Perbedaan Sungai Gangga dan Indus


Sungai Gangga dan Sungai Indus adalah dua contoh sungai besar yang berada di wilayah India. Lalu, apa perbedaan Sungai Gangga dan Indus? Sungai Gangga dikenal sebagai sungai yang dianggap suci oleh orang India. Sementara Sungai Indus, sungai ini terkenal karena aliran anak sungainya yang menyebar ke mana-mana dan menjadi faktor penting dalam kesejahteraan penduduk negeri tersebut.

Masih cukup banyak perbedaan antara Sungai Gangga dan Sungai Indus, terutama dalam masalah peradabannya. Untuk lebih jelasnya, simak uraian singkat mengenai peradaban Sungai Gangga dan Indus berikut ini.

Peradaban Sungai Indus

Sungai Indus berasal dari mata air di Tibet. Bangsa asli di lembah Sungai Indus adalah Dravida yang memiliki ciri khas berkulit hitam. Kehidupan bangsa ini sangat makmur karena kondisi lahan di sekitar sungai yang sangat subur.

Wilayah yang sangat subur inilah yang akhirnya mengundang bangsa lain untuk ikut menetap di wilayah tersebut. Sekitar tahun 2000 SM, bangsa Arya masuk ke wilayah Sungai Indus dan mulai mendominasi.

Masyarakat pada peradaban tersebut menganut agama Hindu dan memuja banyak dewa. Sementara itu, sistem pemerintahannya adalah kerajaan. Masyarakat lembah Sungai Indus juga dikenal memiliki pengetahuan dan teknologi yang cukup maju pada zamannya. Beberapa buktinya dapat terlihat dari barang-barang peninggalan berupa lukisan dan alat-alat perang, seperti tombak, panah, dan pedang.

Peradaban Sungai Gangga

Letak Sungai Gangga berada di India bagian utara, tepatnya di antara Pegunungan Himalaya dan Windya Kedna. Peradaban di sungai tersebut dimulai sekitar tahun 2000-1500 SM, tepatnya ketika bangsa Arya yang sudah pernah menguasai lembah Sungai Indus mulai masuk dan menetap di wilayah tersebut. Dari sinilah, kebudayaan mulai berkembang.

Kepercayaan awal mereka adalah agama Hindu. Namun, seiring berjalannya waktu ada sebagian kelompok orang yang menentang ajaran Hindu dan akhirnya menganut agama Budha. Sementara itu, sistem pemerintahan yang diterapkan adalah kerajaan. Contoh kerajaan yang ada di Sungai Gangga adalah Kerajaan Gupta dan Harsha.

Demikian gambaran singkat mengenai peradaban di dua sungai yang terkenal di India. Peradaban yang berbeda tersebut dapat disimpulkan tentang perbedaan Sungai Gangga dan Indus. Peradaban yang berbeda akan menghasilkan kebudayaan yang berbeda pula.

Selanjutnya : Makalah Wewenang Dewan Perwakilan Rakyat Mengenai Hak Budget
Sebelumnya: Perda Jakarta Barat tentang Rokok
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar