Perbedaan Waktu Indonesia dan Arab Saudi Saat Musim Haji


Mengetahui perbedaan waktu Indonesia dan Arab Saudi seakan menjadi sebuah keharusan ketika musim Haji itu tiba. Dengan mengetahui waktu yang ada di sana diharapkan ketika sedang menghubungi sanak saudara tidak mengganggu ibadah mereka yang sedang berlangsung.

Musim haji atau ibadah haji adalah sebuah ritual ibadah yang dilaksanakan oleh kaum muslim bagi mereka yang mampu. Mampu yang dimaksud adalah mampu secara fisik dan mampu secara harta. Jika keduanya telah terpenuhi, maka ada baiknya seorang muslim untuk menunaikan ibadah haji.

Perbedaan Waktu

Sudah menjadi sebuah rahasia umum bahwa bumi berputar pada porosnya dan mengilingi matahari. Perputaran bui pada porosnya tersebut yang menjadikan adanya siang dan malam dan perputaran bumi mengelilingi matahari inilah yang menyebabkan terjadinya pergantian tahun.

Perbedaan sinar matahari antara bagian barat dan timur akibat perputaran bumi menyebabkan perbedaan waktu antara tempat yang satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika waktu antara negara yang satu dengan yang lainnya terkadang berbeda di saat yang bersamaan.

Tidak hanya antarnegara, perbedaan waktu di Indonesia saja dibagi menjadi tiga bagian, yakni bagian barat (WIB), bagian tengah (WITA), dan bagian timur (WIT). Setiap bagian tersebut memiliki selisih waktu sekitar satu jam. Semakin ke timur, maka selisih waktunya adalah 1 jam lebih awal. Begitu juga dengan negara timur tengah sana, khususnya Arab Saudi, Indonesia memiliki selisih waktu.

Perbedaan Waktu Indonesia dan Arab Saudi

Berdasarkan pada letak dan pembagian waktu menurut sistem GMT, maka selisih atau perbedaan antara Arab Saudi dengan Indonesia adalah sekitar 5 jam. Selisih waktu yang dimaksud adalah Indonesia memiliki waktu 5 jam lebih awal jika dibandingkan dengan Arab Saudi.

Sebagai contoh jika di Indonesia waktu menunjukkan pukul 08.00, maka waktu yang ada di Arab Saudi adalah pukul 03.00. Ini adalah contoh yang menandakan antara Indonesia dan Arab Saudi terdapat selisih waktu sebesar 5 jam.

Oleh karena itu, jika kita hendak menghubungi saudara ataupun keluarga yang sedang naik haji, maka perhatikanlah waktu tersebut. Dengan memperhatikan perbedaan waktu Indonesia dan Arab Saudi, maka sambungan telepon yang kita lakukan tidak akan mengganggu ibadah mereka.

Demikian uraian mengenai perbedaan waktu yang terjadi antara Indonesia dan Arab Saudi yang penting diketahui ketika musim ibadah haji. Semoga uraian tersebut bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Selanjutnya : Perkembangan Bayi 8 Bulan yang Lincah
Sebelumnya: Dokter Gigi dan Tip Merawat Kesehatan Gigi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar