Percakapan Bahasa Portugis

Ingatkah anda pada negara-negara yang pernah menjajah Indonesia? Belanda, Jepang, dan Portugis termasuk di dalamnya. Negara-negara tadi semula hanya berniat untuk melakukan perdagangan, namun lama-kelamaan niat tadi berubah dan ingin menguasai rempah-rempah di Indonesia. Jika bahasa Belanda dan Jepang sudah tak asing lagi di negara kita, lalu bagaimana dengan percakapan bahasa Portugis? Tampaknya masih sangat asing di telinga.

Bahasa Portugis

Pada saat bangsa Portugis mulai menginjak tanah Indonesia, meraka mulai berinteraksi dengan warga lokal. Interaksi tersebut ternyata sedikit banyak telah memberikan pengaruh terhadap bahasa Indonesia. Banyak sekali kata-kata serapan yang sebenarnya berasal dari bahasa Portugis. Misalnya kata garpu berasal dari kata garfo, jendela berasal dari kata janela, mentega berasal dari kata manteiga, pesta berasal dari kata festa, sekolah berasal dari kata escola, puisi berasal dari kata poesia dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tentu kita tidak pernah menyangka kata-kata yang kita gunakan sehari-hari ternyata banyak yang berasal dari bahasa asing seperti Portugis. Interaksi bangsa lokal dengan bangsa Portugis memang bisa menghasilkan beragam kosakata serapan yang sebenarnya banyak digunakan dalam kehidupan.

Beberapa kata dari bahasa Portugis pun mampu masuk ke dalam bahasa daerah Ambon. Bahasa Portugis identik dengan suara yang sengau yang khas. Misalnya huruf m di akhir kata terdengar seperti –ng. Misalnya bem yang terdengar seperti beng, bom terdengar seperti bong.

Misalnya dalam sebuah percakapan bahasa Portugis, penggunaan kata bom adalah sebagai berikut. A: bom dia, sou de franca. Donde e? (selamat pagi, saya dari prancis, anda dari mana?). Pada saat mengucapkan kata bom dia, terdengar seperi bong dia.

Masih banyak ciri khas lain dari bahasa Portugis yang bisa anda pelajari bersama rekan-rekan anda di berbagai tempat kursus bahasa Portugis. Bersiap-siaplah tercengang karena bahasa Portugis ternyata tanpa kita sadari sering kita gunakan dalam kosakata kita sehari-hari.

Jadi bagi orang Indonesia sebenarnya akan mudah pada saat mempelajari percakapan bahasa Portugis. Hal ini disebabkan, karena pada dasarnya secara tidak langsung kita telah mengenal dengan baik bahasa yang satu ini.

Selanjutnya : Percakapan B. Inggris untuk Tes Wawancara
Sebelumnya: Perawatan Iguana
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...