Contoh Percakapan Serah Terima Pengantin Adat Sunda


Perkawinan merupakan hal yang sakral dan pasti setiap orang menginnginkan pernikahan hanya sekali untuk seumur hidup. Dalam upacara perkawinan adat sunda, ada percakapan serah terima pengantin adat Sunda. Dalam serah terima ini, keluarga mempelai wanita menyerahkan pengantin wanita kepada keluarga mempelai pria. Kita mungkin akan menjumpai acara ini di berbagai adat perkawinan di Indonesia bahkan dunia. Dalam budaya barat, Anda mungkin pernah menyaksikan saat ayah atau pendamping pengantin wanita menyerahkan tangan sang mempelai kepada calon suaminya ketika memasuki altar. Ini berarti keluarga mempelai wanita telah resmi diserahkan kepada sang mempelai pria dan bukan lagi tanggung jawab keluarga lagi. Dalam bahasa Sunda, orang yang ditunjuk sebagai wakil keluarga akan mengatakan:

adat sunda

Dalam acara serah terima pengantin, mereka akan diberitahu apa saja tanggung jawab sebagai seorang suami dan istri dan bagaimana seharusnya sikap mereka dalam menghadapi persoalan yang muncul. Pada akhir acara prosesi ini, pihak keluarga akan mendoakan kedua mempelai agar senantiasa hidup rukun dan sejahtera oleh seorang pemuka agama.

Dewasa ini kita memang jarang mendengar orang membawakan acara dalam bahasa daerah. Namun, di daerah pedesaan masih sering kita jumpai orang-orang yang menggunakan bahasa Sunda dalam melaksanakan kegiatan apa pun termasuk pernikahan. Lunturnya budaya Sunda di tanah air sendiri hendaknya menjadi cambuk bagi kita untuk terus melestarikannya.

Jika audience sebagian besar tidak mengerti bahasa Sunda, Anda sebagai pembawa acara atau orator dapat menerjemahkannya sehingga dapat dimengerti. Melestarikan budaya merupakan kewajiban kita karena budaya merupakan warisan dari nenek moyang.

Kesantunan bahasa yang selama ini telah memudar jangan sampai dianggap sebagai prestasi mengadopsi budaya asing. Jika Anda menelisik lebih lanjut, tiap rangkaian acara dari prosesi pernikahan Sunda mengandung makna filosofis tinggi yang sarat makna hidup, contohnya dalam upacara siraman. Prosesi ini dimaksudkan untuk membersihkan jiwa dan raga si pengantin sebelum memasuki babak baru dalam hidupnya.

Bagi yang beragama Islam, pada siraman terakhir pengantin akan berwudhu sebagai tanda bahwa ia telah suci. Demikian kiranya percakapan serah terima pengantin adat sunda. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Film Indonesia dari Masa ke Masa
Sebelumnya: Semarak Film Indonesia Bernuansa Islami
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar