Sistem Perekonomian 3 dan 4 Sektor


Perekonomian 3 dan 4 Sektor merupakan kegiatan ekonomi suatu negara yang tidak lepas dari peranan produsen dan konsumen, karena kedua unsur tersebut memiliki hubungan yang saling berhubungan satu sama lain. Misalnya, konsumen atau rumah tangga berfungsi sebagai faktor utama bagi produsen dalam menyediakan kebutuhan konsumen, sedangkan produsen berfungsi untuk menghasilkan barang atau jasa.

Perekonomian 3 Sektor

Perekonomian tiga sektor memasukkan sektor pemeritah untuk menganalisis keseimbangan, yaitu konsumen, produsen, dan pemerintah. Ketiga sektor tersebut memiliki fungsi dan peranannya masing-masing. Peran pemerintah memposisikan dirinya sebagai konsumen dan juga produsen, serta memiliki peran sebagai pengatur.

Besar kecilnya peran pemerintah dalam kegiatan ekonomi bergantung pada sistem yang digunakan oleh negaranya. Misalnya, negara yang menganut sistem liberal, hanya membutuhkan peranan pemerintah yang sedikit, sedangkan negara yang menganut sistem ekonomi sosialis, peran pemerintahnya sangat dominan, contohnya di Indonesia.

Pada perekonomian 3 sektor, pemerintah menerima pemasukan berupa pajak, menggunakan faktor produksi berupa barang ataupun jasa yang dibutuhkan untuk mendukung kegiatan perekonomian pemerintah. Pemerintah juga melakukan kegiatan pengeluaran, bisa berupa subsidi, pembelian barang atau jasa, bisa juga berupa pembuatan prasarana.

Perekonomian 4 Sektor

Perekonomian 4 sektor merupakan perekonomian terbuka, yang merupakan model perekonomian yang lebih sesuai dengan kenyataan.

Perekonomian 4 sektor terdiri atas dua kelompok, yang pertama kelompok dalam negeri dan yang kedua kelompok luar negeri. Setiap kelompok terdiri atas rumah tangga produksi, konsumsi, dan pemerintahan.

Perekonomian terbuka (4 sektor) memiliki ciri-ciri, yaitu adanya kegiatan perdagangan Internasional yang ditunjukkan dengan adanya kegiatan ekspor dan impor serta pertukaran dalam hal produksi.

Hasil dari perdagangan Internasional tersebut berupa devisa, sedangkan untuk mengetahui jumlah nilai atau pendapatan ekspor ataupun impor dengan cara melihat neraca perdagangan.

Dalam kegiatan perekonomian nasional, setiap pelaku ekonomi saling berhubungan dan berkaitan satu sama lainnya, sehingga hubungan tersebut akan membentuk satu kesatuan yang utuh atau disebut juga dengan sistem. Kesatuan inilah yang akan membantu perkembangan perekonomian sebuah negara.

Sistem ekonomi dalam berbagai sektor tentu akan sangat mempengaruhi keadaan sebuah bangsa. Negara yang maju dan berkembang akan ditentukan oleh faktor ekonomi. Oleh karena itu, laju perekonomian sangat diperhatikan oleh pemerintah, terutama perekonomian 3 dan 4 sektor.

Demikian pembahasan mengenai perekonomian 3 dan 4 sektor. Semoga artikel ini dapat menambah informasi mengenai sistem perekonomian dan bermanfaat bagi pembaca.

Selanjutnya : Kualitas HP China Lawan HP Lain
Sebelumnya: Kandungan dan Karakteristik Tepung Tapioka
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar