Perekonomian Amerika Serikat

Perekonomian Amerika Serikat mempunyai pengaruh penting di dunia dan menjadi panutan negara lain dalam menjalankan ekonomi negara mereka. Amerika sebagai negara adidaya dan adikuasa tentu menjadikan negara ini sebagai panutan dalam berbagai bidang termasuk ekonomi. Perekonomian Amerika ini terus dibangun, sehingga menjadikan perekonomian mereka semakin kuat yang ditandai dengan mata uang dollar Amerika Serikat sebagai acuan terhadap nilai tukar mata uang lainnya.

Alasan Kuatnya Perekonomian Amerika

Perekonomian Amerika merupakan perekonomian paling besar di dunia, di mana nilai PDB yang mereka miliki mencapai seperempat dari PDB dunia. PDB atau Produk Domestik Bruto adalah salah satu metode yang digunakan untuk menghitung pendapatan nasional dan merupakan nilai pasar dari keseluruhan barang dan jasa dari sebuah negara pada suatu periode. Untuk menghitung PDB biasanya menggunakan dua pendekatan, yakni pengeluaran dan pendapatan.

Bukti lain kuatnya perekonomian Amerika Serikat adalah rendahnya tingkat pengangguran dan inflasi. Padahal, sebelum mencapai masa kejayaannya, perekonomian Amerika tidak jauh berbeda dengan perekonomian di negara-negara lain. Lalu, apa yang menyebabkan perekonomian Amerika terus meningkat dan mempunyai pengaruh yang sangat besar dalam perekonomian dunia?

Salah satu penyebab perekonomian Amerika disegani di seluruh dunia adalah rakyatnya yang selalu menjunjung tinggi pengabdian mereka pada kepentingan demokrasi bangsa. Mengutanya ekonomi Amerika ini mulai terlihat sejak Perang Dunia I. Ketika Perang Dunia I memanas dan negara-negara lain sedang mengeluarkan banyak dana karena perang, Amerika Serikat menggunakan kesempatan lemahnya negara-negara tersebut untuk mengontrol perekonomiannya dan mengatur berbagai strategi demi menaikkan perekonomian mereka.

Sejak saat itulah, perekonomian Amerika meningkat dengan pesat dan melalui negara-negara lain. Satu-satu pesaing Amerika saat itu adalah Uni Soviet, karena dahulu Uni Soviet adalah kesatuan dari beberapa negara yang bersatu dan membentuk paham komunisme yang jelas-jelas bertolak belakang dengan Amerika Serikat. Namun, akhirnya Amerika berhasil mengungguli perekoniman Uni Soviet dan berbuntut pada perpecahan Uni Soviet menjadi beberapa negara bagian.

Perokonomian Amerika Serikat Setelah Krisis

Akan tetapi, walaupun Amerika Serikat berhasil mengungguli Uni Soviet dan menjadi negara dengan perekonomian paling kuat di dunia, pada 2008 Amerika Serikat sempat mengalami krisis yang ditandai dengan diumumkannya kebangkrutan beberapa lembaga keuangan. Namun, setelah dilanda resesi selama 6 tahun, perekonomian Amerika Serikat kembali bangkit dan meningkat tajam seiring kuatnya pertumbuhan jumlah pekerja, peroleh pendapatan, dan sebagainya. Para ahli ekonomi pun memberikan prediksi bahwa pada masa yang akan datang perekonomian Amerika akan terus meningkat.

Perekonomian Amerika Serikat yang tak tergoyahkan menjadikan negara adikuasa ini patut menjadi kebanggan dan contoh bagi negara-negara lain, termasuk Indonesia, dalam menata perekonomiannya dan mengatur strategi untuk mencapai peningkatan perekonomian. Demikain pembahasan tentang perekonomian Amerika Serikat. Semoga pembahasan ini bermanfaat.

Selanjutnya : Mewaspadai Lima Penyakit Pernafasan karena Zat Tertentu
Sebelumnya: ´╗┐Makna Kedutan di Mata dan Menurut Dunia Medis
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...