Perencanaan dalam Pengambilan Keputusan Perusahaan

Perencanaan dan pengambilan keputusan perusahaan merupakan salah satu bagian terpenting dari sistem manajemen. Dua hal ini bisa dikatakan tak bisa dipisahkan atau saling berhubungan, sebab semua keputusan pada dasarnya diawali dari perencanaan. Tanpa perencanaan tak akan pernah ada tindakkan atau keputusan. Begitu pun dengan pengambilan keputusan, jika tidak dilakukan melalui perencanaan, maka keputusan tersebut bisa dikatakan sebagai tindakan spekulatif.

Perencanaan (Planning)

price of zoloft in india zoloft full price order zoloft
Perencanaan merupakan awal dari segala proses dalam penetapan, pelaksanaan dan pencapaian tujuan organisasi. Perencanaan bisa juga disebut sebagai strategi pencapaian tujuan secara menyeluruh. Perencanaan juga dibuat untuk mengatur dan mengintegrasikan seluruh pekerjaan organisasi agar pencapaian tujuan lebih efektif.

Dengan demikian bisa dikatakan bahwa beberapa hal utama yang ada dalam perencanaan adalah yaitu proses, fungsi manajemen, termasuk di dalamnya pengambilan keputusan.

Berdasarkan prosesnya, fungsi perencanaan adalah proses paling dasar yang digunakan untuk memilih dan menentukan tujuan serta bagaimana cara dan upaya pencapaiannya. Dari segi fungsi, perencanaan bisa dilihat dalam ranah struktural, yaitu bagaimana seorang pemimpin mmanipulasi wewenangnya untuk menentukan atau mungkin saja mengubah tujuan dalam suatu kegiatan organisasi atau usaha.

sisi pengambilan keputusan, perencanaan memiliki fungsi yang berkaitan dengan tujuan jangka pendek dan jangka panjang.

Metode Perencanaan dalam Pengambilan Keputusan Perusahaan

Banyak metode perencanaan yang bisa digunakan dalam sistem manajemen untuk mengambil keputusan. Satu metode yang paling banyak digunakan oleh banyak perusahaan adalah 5W1H yang berarti:

    buy amoxil online, is amoxicillin 500mg safe for pregnant women, for strep b amoxicillin 250 mg for uti stomach cramps on amoxicillin amoxicillin 30 
  • What: apa yang akan dilakukan
  • nov 25, 2011 – tags: buy online baclofen without prescription . buy baclofen in oakland baclofen without a prescription and cod delivery free shipping baclofen

  • When: kapan pelaksanaannya yang berkaitan juga dengan jangka waktu
  • Where: di mana rencana itu akan dilakukan, biasanya berkaitan dengan area kerja atau area usaha.
  • Why: mengapa rencana tersebut harus dilakukan. Apa keuntungan dan kelebihan dari rencana tersebut? atau apa keunikan dari rencana yang tidak dimiliki oleh rencana lainnya.
  • Who: siapa saja yang akan terlibat dalam rencana tersebut.
  • How: bagaimana rencana tersebut dilakukan?

buy prednisone 40 overnight , prednisone fast ship, can you buy prednisone online, prednisone 40 mg pills without a percription, deltasone pill where to buy, hydroxyzine belongs to the class of medications called antihistamines. it is used to relieve itching and other symptoms caused by allergic conditions. it can help… atarax without prescription
Dalam implementasinya, metode di atas juga sama seperti metode lainnya semisal SWOT yang berarti:

Strength yang berarti kekuatan atau kelebihan dari rencana tersebut, sama seperti apa yang ada dalam why.

Weakness adalah  kelemahan apa yang ada dalam rencana tersebut dan bagaimana cara menanggulanginya?

Oportunity adalah perhitungan tentang keuntungan seperti apa yang bisa didapat dalam menjalankan rencana usaha tersebut.

Treatment bagaimana cara menjalankan rencana tersebut yang berkaitan dengan siapa saja yang terlibat, waktu pelaksanaan, anggaran biaya dan sebagainya.

Loading...
Selanjutnya : Memilih Buku Remaja Kocak dan Lucu
Sebelumnya: Sebesar Apakah Peluang kerja Fakultas Jurusan Sastra Inggris?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar