Pergaulan Antara Pria dan Wanita dalam Islam


Sangat banyak ayat dalam Al-Qur’an dan hadist nabi yang mengatur mengenai pergaulan antara pria dan wanita dalam Islam. Saat ini, adab pergaulan tersebut mulai diabaikan. Jika ada yang ingin menerapkannya, pasti dicap sebagai tidak gaul dan tidak mengikuti zaman. Bahkan, tak jarang juga titel “teroris” menempel padanya. Padahal, kalau saja mereka paham, semua aturan Islam mengenai pergaulan antara pria dan wanita dibuat untuk menyelamatkan kaum muslim dari gempuran kaum kafir yang ingin menghancurkan mereka.

Adab Pergaulan dalam Islam

Untuk mengingatkan kembali beberapa adab pergaulan dalam Islam, berikut akan dipaparkan beberapa adab yang disarikan dari para ulama.

  1. Kedua pihak, laki-laki dan wanita harus bisa menjaga pandangannya. Maksudnya, haram melihat aurat, tidak saling memandang yang mengandung syahwat, tidak saling berpandangan jika memang tidak diperlukan.
  2. Pakaian yang dikenakan, terutama pihak perempuan, harus sesuai syariat. Kenakanlah pakaian yang sopan. Juga, pakaian yang tidak ketat (potongan baju membentuk lekukan tubuh) dan tidak tipis. Pakailah pakaian sesuai syariat, yaitu yang hanya memperlihatkan wajah dan pergelangan tangan saja. Itulah pakaian yang akan membedakannya dari perempuan yang tidak baik sehingga laki-laki akan enggan, bahkan tidak berani mengganggu.
  3. Janganlah saling mengucapkan perkataan yang merayu dan membangkitkan rangsangan dan hawa nafsu.
  4. Selain itu, saat berjalan janganlah memancing orang lain untuk berpaling (mencari perhatian lawan jenis).
  5. Terutama pada perempuan, hendaklah meninggalkan tabarruj (menampakkan aurat). Janganlah kalian berperilaku seperi wanita-wanita jahiliyah.
  6. Hindarilah pemakaian wangi-wangian (parfum) yang berlebihan karena tidak jarang parfum bisa membangkitkan hawa nafsu lawan jenisnya.
  7. Jangan berduaan antara laki-laki dan perempuan yang bukan muhrimnya. Karena dikhawatirkan setan akan bersama mereka.
  8. Hendaklah setiap pertemuan yang dilakukan antara lawan jenis memang diniatkan untuk kepentingan bersama. Misalnya, dalam urusan pekerjaan atau organisasi.

Itulah beberapa adab pergaulan antara pria dan wanita dalam Islam. Janganlah mengabaikannya dan menganggapnya enteng. Akibat yang terjadi jika adab ini diabaikan adalah menjamurnya pergaulan bebas antara laki-laki dan perempuan yang menyebabkan rusaknya moral generasi masa depan Islam. Ingatlah, peraturan dalam Islam tidak dimaksudkan sebagai beban, tetapi ia sebagai penyelamat umat dari siksa neraka.

Selanjutnya : Kebun Raya Bogor, Tempat Bermain di Bogor Murah Meriah
Sebelumnya: Bahasa dan Fisiologi Kesadaran
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar