Awal Pergerakan Pemuda Indonesia


Sejarah pergerakan pemuda Indonesia menjadi peranan penting dalam perkembangan dan kemajuan bangsa kita. sesuai peribahasa, jika Anda ingin melihat kemajuan atau kehancuran suatu negara, maka lihatlah para pemudanya.

Awal pergerakan para pemuda di Indonesia ini diawali dengan adanya organisasi budi utomo yang didirikan oleh Dr. Soetomo pada tanggal 20 mei 1908 atas gagasan dari Dr. Wahidin Sudirohusodo bersama para mahasiswa STOVIA pada masa itu.

Budi Utomo adalah gerakan awal yang dilakukan oleh para pemuda Indonesia yang bertujuan untuk mencapai kemerdekaan Indonesia dengan mengusung organisasi yang bersifat sosial, ekonomi dan budaya namun tidak bersifat politik.

Budi utomo mengalami perkembangan yang sangat pesat dalam perjalanannya sehingga muncul organisasi-organisasi lainnya setelah itu seperti Trikoro Dharmo (tiga tujuan mulia) pada tahun 1915 yang didirikan oleh perkumpulan para pemuda dari Jawa yang kemudian berubah nama menjadi Jong Java.

Setelah adanya semangat yang dilakukan oleh pergerakan yang diawali dari para pemuda Jawa maka munculah perkumpulan-perkumpulan pemuda lainnya seperti Jong Sumatera, Jong Ambon dan sebagainya sekitar pada tahun 1917.

Sehingga pada tahun 1925 maka terbentuklah Jong Indonesia yakni gabungan dari semua pemuda-pemuda yang ada di daerah dengan tujuan untuk mencapai kemerdekaan Indonesia.

Para pemuda Indonesia itu akhirnya berkumpul dan bersatu menyelenggarakan kongres pemuda I bulan oktober tahun 1927 dan kongres pemuda II bulan oktober tahun 1928 yang selanjutnya di sebut sebagai hari sumpah pemuda.

Saat itu semua perkumpulan pemuda di seluruh Indonesia berkumpul dan bergabung untuk menyatukan bangsa Indonesia, dengan terlebih dahulu menyepakati bahasa melayu Riau untuk dijadikan sebagai bahasa resmi Indonesia.

Kemudian setelah mereka mampu berkomunikasi maka dihasilkanlah sumpah pemuda yang isinya meliputi tiga hal yaitu pengakuan terhadap bangsa yang satu, bangsa Indonesia, pengakuan terhadap tanah air yang satu, tanah air Indonesia dan menjunjung bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia.

Setelah adanya peristiwa sumpah pemuda 28 oktober 1928 maka persatuan pergerakan pemuda Indonesia semakin erat dan semangat persatuan dan kesatuan bangsa pun semakin terjalin demi mewujudkan kemerdekaan Indonesia. Merdeka!

Selanjutnya : Mengenal Lebih Jauh Kisah Hidup JK Rowling
Sebelumnya: Menggapai Asa Menumbuhkan Ceria : Kata kata bijak untuk Orang yang Putus Asa
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar