Pengertian Pemberian Perhitungan Diskon


Siapa sih yang tidak mau mendapat diskon saat belanja? Semua orang pasti mau bukan? Nah, tahukah Anda pengertian pemberian diskon dan perhitungan itu bagaimana? Artiel ini akan membahas mengenai pengertian pemberian perhitungan diskon. Yuk kita simak bersama baik-baik.

Saat menjelang idul fitri hampir semua mall memberikan diskon besar-besaran mulai dari 10% sampai 50% bahkan ada juga supermarket yang sampai cuci gudang dan memberikan diskon hingga 75%. Nah, tujuannya tiada lain semata-mata hanya untuk menarik minat konsumen agar mau membeli produk yang ditawarkan. Sering kali kita merasa senang berbelanja dengan harga diskon bukan? Akan tetapi pernahkah Anda berpikir mengapa mereka memberikan diskon besar-besaran seperti ini? Nah, artikel ini akan membahas mengenai pengertian pemberian dan perhitungan dari diskon tersebut.

Istilah diskon seringkali disebut dengan rabat, keduanya sama artinya adalah potongan harga. Hanya saja ada perbedaan istilah dalam pemakaian dan fungsinya saja. istilah diskon sering digunakan oleh grosir, agen, atau pengecer kepada konsumennya. Sedangkan Istilah rabat biasanya digunakan oleh produsen yang akan memberikan potongan harga kepada grosir, agen, atau resellernya.

Perusahaan tidak akan semata-mata memberikan diskon secara cuma-Cuma. Ini hanyalah sekedar taktik perusahaan untuk menarik konsumen dengan pemberian diskon. Sebenarnya diskon hanyalah hadiah yang diberikan kepada konsumen berupa potongan harga dari jumlah pembelian tertentu dan dalam jangka waktu tertentu. Pemberian diskon tidak boleh sepanjang tahun atau selama-lamanya karena ini merupakan strategi yang salah dalam berbisnis. Pemberian diskon tidak boleh mengurangi marjin pendapatan perusahaan, tapi bermaksud untuk menstabilkan penjualan saja. Itupun hanya pada saat-saat tertentu.

Jadi, pengertian pemberian dari perhitungan harga diskon itu adalah potongan harga yang diberikan oleh perusahaan kepada konsumennya berdasarkan pencapaian penjualan dengan tujuan untuk menarik minat konsumen serta meningkatkan penjualan dan menstabilkan pendapatan.

Anda dapat menghitungnya dengan menggunakan rumus diskon pembelian sebagai berikut. Cara menghitung besarnya diskon yang diberikan adalah harga pembelian (HB) x persentase diskon. Kemudian setelah mengetahui hasilnya maka harus menggunakan lagi rumus berikut:  Harga pembelian (HB) – harga hasil diskon tersebut untuk mengetahui berapa jumlah uang yang harus Anda bayarkan. Nah, itulah pengertian pemberian perhitungan diskon yang dapat Anda ketahui.

Selanjutnya : Kebudayaan Inggris
Sebelumnya: Aturan Panjang Kaos Kaki Bola
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar