Penggunaan Peribahasa di Indonesia


Peribahasa di Indonesia menjadi salah satu pokok materi pelajaran, khususnya bahasa Indonesia. Banyak sekali peribahasa yang berkembang di Indonesia turun-temurun dijadikan sebagai bahaan rujukan dalam pelajaran bahasa Indonesia, terutama karya sastra. Peribahasa sudah hidup dalam kehidupan masyarakat dan menjadi filosofi dalam kehidupan sehari-hari.

Peribahasa di Indonesia

Peribahasa ini muncul berakar dari tradisi lisan yang sudah dilakukan sejak zaman nenek moyang kita dulu. Peribahasa identik dengan perumpamaan atau peristilahan dalam memaknai hidup. Masyarakat kita sejak dulu sudah terbiasa mengungkapkan apa yang ada dalam pikiran dan hatinya melalui kata kiasan atau perumpamaan. Kebiasaan ini yang memunculkan terciptanya banyak peribahasa.

Peribahasa dibuat dengan bahasa yang filosofis, menggunakan pengandaian yang dituangkan dengan logika berpikir. Ole sebab itu mengapa peribahasa banyak sekali dibuat dengan kata-kata yang tidak umum. Dalam peribahasa memuat pelajaran hidup yang sarat makna. Dengan kata lain melalui peribahasa kita bisa belajar memaknai hidup lebih baik lagi.

Di Indonesia banyak sekali peribahasa yang sudah dibuat. Bila dikumpulkan mungkin sudah ada ribuan peribahasa. Di setiap daerah di Indonesia juga memiliki peribahasanya sendiri, sesuai dengan budaya yang dianut masyarakatnya. Peribahasa juga terkait dengan tradisi budaya. Untuk dibeberapa wilayah di Indonesia masih sering kita temui penggunaan peribahasa dalam beberapa upacara adat.

Penggunaan peribahasa dalam beberapa upacara adat di beberapa wilayah di Indonesia menunjukkan bahwa betapa peribahasa sangat penting dalam kehidupan masyarakat. Bahkan peribahasa dijadikan sebagai media berkomunikasi yang baik dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam menanamkan nilai budaya dan tradisi.

Peribahasa sudah digunakan oleh masyarakat Indonesia sejak lama, bahkan peribahasa bersama dengan pantun merupakan media komunikasi yang paling tua dalam tradisi budaya. Cara berkomunikasi orang dulu banyak menyisipkan peribahasa dalam berbagai konteks pembicaraan, terutama pada saat memberikan wejangan dalam mendidik anak di rumah.

Berkomunikasi dengan orang lain pun waktu itu sering menggunakan peribahasa. Hal ini menunjukkan orang Indonesia sejak dulu sudah pintar mengolah kata filosofis ke dalam peribahasa. Semua hal yang memuat nilai dan norma kebaikan dituangkan ke dalam bentuk peribahasa.

Begitulah peribahasa di Indonesia. Peribahasa dijadikan sebagai sarana menanamkan nilai dan norma budaya dalam masyarakat supaya bisa memaknai kehidupannya. Bahasanya yang mengandung makna filosofis menjadikannya hidup dalam etika pergaulan.

Selanjutnya : Peradaban dalam Segi Politik yang Semakin Memburuk
Sebelumnya: Perguruan Tinggi Swasta Berkualitas di Jawa barat dan Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar