Contoh Peribahasa Jerman Dan Artinya


Ungkapan “Lain ladang lain ilalang”, itu peribahasa bangsa Indonesia yang diartikan setiap tempat atau daerah atau bangsa berbeda caranya menjalani kehidupan. Namun penggunaan peribahasa dalam setiap bahasa bangsa-bangsa lain pasti memilikinya.

“Kejarlah ilmu sampai ke negeri Cina”, peribahasa dari arab yang kita gunakan juga. “Mata dibalas mata, darah dibalas darah” yang juga merupakan peribahasa bangsa Amerika yang sering kita dengar. Berikut ini kita akan mempelajari contoh peribahasa Jerman dan artinya

Pengertian peribahasa adalah sekelompok kata yang memiliki susunan tetap dan memiliki pengertian tertentu. Peribahasa yang merupakan penghalusan kata-kata dan kesopansantunan dalam percakapan sehari-hari, layaknya kita lestarikan. Orang yang mampu mengenal banyak peribahasa dari berbagai bahasa di dunia dianggap mampu menguasai bahasa pergaulan yang baik dan sopan. Karena peribahasa lahir dari nilai-nilai kemanusian dan kearifan yang universal.

Contoh peribahasa Jerman di bawah ini akan dipadankan pengertiannya dengan peribahasa bangsa kita untuk memberi pengertian hampir menyerupai. Berikut beberapa contoh peribahasa Jerman dan artinya yang bisa dikupas :
1. Andere lander,andere silten: lain negara lain kebiasaannya. Sepadan dengan lain ladang lain ilalang.

2. Alles Gute kommit von oben : semua kebaikan dari atas. Menunjukkan tingkat kereligiusan bangsa Jerman yang sepadan dengan peribahasa semua tergantung yang di atas.

3. Bellen de hunde beiben nicht : Anjing menggonggong tidak menggigit. Sepadan dengan tong kosong nyaring bunyinya, yang bermakna kebanyakan bicara daripada perbuatan nyata.

4. Viele hande macht leicht arbeit: banyak tangan membuat pekerjaan ringan, yang menujukkan bangsa Jerman mengenal budaya gotong royong seperti masyarakat Indonesia. Hampir sepadan dengan berat sama dipikul berat sama dijinjing.

5. Aller anfang ist schwer: setiap permulaan itu sulit. Padanannya seperti bisa karena biasa yang berarti pekerjaan yang dilakukan terus menerus akan membuat mahir.

6. Eile unt weile : cepat dengan santai. Padanan yang menyerupai adalah biar lambat asal selamat.

Itulah beberapa contoh peribahasa Jerman dan artinya yang memiliki padanan makna hampir setara dengan peribahasa Indonesia. Mari lestarikan peribahasa bangsa agar bisa menjadikan masyarakat yang berjiwa luhur.

Selanjutnya : Jenis-Jenis Batu Bara Padat, Cair, dan Gas
Sebelumnya: Sampaikan Pesan dengan Rumus Emotion Facebook
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar