Peringatan Hari Besar Nasional sebagai Upaya Memperoleh Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Berlatar belakang sebagai negara yang pernah dijajah bangsa lain, Indonesia telah mengalami berbagai fase pencapaian kedaulatan dalam jangka waktu yang panjang. Setiap fase tersebut dilalui dengan cucuran darah dan keringat semangat untuk terbebas dari belenggu penjajahan. Setiap fase itu pula menjadi tonggak sebuah peristiwa bersejarah yang kelak selalu diperingati.

Sebagai upaya untuk mengingat kembali semangat dan penghargaan  jasa para pahlawan, tonggak-tonggak peristiwa tersebut kemudian dideklarasikan sebagai hari besar nasional. Tiada lain bahwa peringatan hari besar nasional sebagai upaya memperoleh persatuan dan kesatuan bangsa agar senantiasa terus dijadikan sebagai tali pengikat keutuhan bangsa.

Seperti yang telah dikemukakan di awal, bahwa setiap peristiwa perjuangan yang menandai bangkitnya sebuah perlawanan terhadap penindasan dan berpengaruh banyak pada stabilitas negara, ditetapkan sebagai hari besar nasional. Di negara mana pun, peringatan hari besar nasional ini selalu diperingati. Misalnya, peringatan hari kemerdekaan sebuah negara.

Dengan memperingati hari besar nasional ini, para warga negara diajak kembali mengenang jasa para pahlawannya di masa lalu dalam merebut kemerdekaan dari jajahan negara lain. Selain dari pada itu, peringatan hari besar nasional ini dapat pula menguatkan dan mengokohkan semangat cinta bangsa dan negara dengan satu keinginan yang kuat untuk tidak lagi menjadi negara boneka negara lain.

Di negara kita, setiap bulannya terdapat hari besar nasional yang selalu diperingati. Hari besar nasional ini merupakan puncak dari sebuah perjuangan anak-anak bangsa. Berikut ini tonggak-tonggak peristiwa yang selalu di peringati sebagai hari besar nasional.

1 - Peringatan Hari Besar Nasional sebagai Upaya Memperoleh Persatuan dan Kesatuan Bangsa

2 - Peringatan Hari Besar Nasional sebagai Upaya Memperoleh Persatuan dan Kesatuan Bangsa

3 - Peringatan Hari Besar Nasional sebagai Upaya Memperoleh Persatuan dan Kesatuan Bangsa

4 - Peringatan Hari Besar Nasional sebagai Upaya Memperoleh Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Peringatan hari-hari besar nasional tersebut selalu disambut dengan antusias oleh semua warga negara, terutama oleh instansi atau lembaga bersangkutan. Sesuai dengan dinamika kehidupan berbangsa dan bernegara, hari-hari besar nasional selalu bertambah, terkecuali hari-hari besar nasional yang sudah sedari dulu diperingati. Dinamika ini menjadi sebuah tanda positif bahwa bangsa ini memang selalu menghargai jasa-jasa para pendahulunya.

Perlu ditekankan bahwa peringatan hari besar nasional sebagai upaya memperoleh persatuan dan kesatuan bangsa harus senantiasa digaungkan kepada generasi penerus, bahwa negara kita ini telah melewati masa-masa keemasan yang patut untuk diingat sampai kapan pun. Kesadaran ini harus senantiasa ada untuk menjamin berdirinya republik ini.

Loading...
Selanjutnya : Kondisi Perekonomian Indonesia dari Masa ke Masa
Sebelumnya: Artikel Kredit Macet
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar