Mengenal Peringkat Kekuatan Militer Dunia

Banyak sumber yang menampilkan peringkat kekuatan militer dunia saat ini berdasarkan kuantitas, kualitas, dan infrastruktur yang dimiliki oleh sebuah negara. Seperti yang kita ketahui, militer adalah sebuah unsur yang wajib dimiliki oleh sebuah negara untuk menjamin keamanan dan kelangsungan jalannya pemerintahan dan mencegah intervensi dari luar atau dalam negeri. Selain itu, kekuatan militer juga merupakan alat diplomasi yang sangat ampuh.

Lalu, siapa sebenarnya pemilik kekuatan militer terkuat saat ini? Berdasarkan informasi dan data yang banyak tersedia di internet, Amerika Serikat merupakan negara yang memiliki kekuatan militer terkuat di dunia saat ini. Berikut ini adalah ulasan peringkat kekuatan militer dunia saat ini.

Amerika Serikat

Amerika Serikat adalah negara adikuasa yang memiliki kekuatan militer terkuat saat ini. Negara yang saat ini dipimpin oleh Presiden Barack Obama ini memiliki pangkalan militer di lima benua di dunia. Tak hanya itu, Amerika Serikat saat ini adalah satu-satunya negara yang mampu melakukan aksi militer lintas benua. Selain memiliki kekuatan militer yang besar, Amerika Serikat juga memiliki teknologi kemiliteran yang cukup maju.

China

China pantas menduduki posisi kedua pada peringkat kekuatan militer di dunia saat ini. Angkatan laut China saat ini memang tak sebesar Amerika Serikat dan belum memiliki kemampuan untuk melakukan aksi militer lintas benua, tetapi kekuatan angkatan daratnya sangat besar. China merupakan salah satu negara dengan perkembangan kekuatan militer yang paling pesat saat ini. Meski secara teknologi militer China bisa dikatakan tertinggal dari Amerika Serikat, negara tersebut terus berkembang pesat dalam hal penguasaan teknologi.

Rusia

Rusia adalah pecahan negara Uni Soviet terbesar dan mewarisi sebagian besar dari kekuatan militer yang dimiliki oleh Uni Soviet. Meski kekuatan militer Rusia saat ini tak sehebat Uni Soviet dulu, tetapi negara ini masih memiliki kekuatan militer yang cukup tangguh. Seiring membaiknya ekonomi Rusia, negara ini terus mengembangkan kekuatan militernya untuk mengejar ketertinggalannya dengan rival abadinya, Amerika Serikat. Rusia juga memiliki teknologi militer yang tak kalah canggih dibandingkan dengan Amerika Serikat.

Bagaimana dengan Indonesia?

Meski tak sehebat tiga negara di atas, Indonesia masih merupakan negara dengan kekuatan militer terkuat di Asia Tenggara. Program MEF (Minimum Essential Force) yang dicanangkan oleh pemerintah adalah salah satu upaya nyata untuk memodernisasi alutsista yang dimiliki oleh TNI. Selain itu, prajurit TNI dikenal sebagai prajurit yang memiliki kualitas tempur yang di atas rata-rata prajurit di Asia Tenggara.

Sampai di sini dulu pembahasan mengenai peringkat kekuatan militer duni. Semoga bermanfaat!

Loading...
Selanjutnya : Rangkaian Nama Bayi Perempuan yang Unik dan Indah Beserta Artinya
Sebelumnya: Mengungkap Teknik Memperbesar Alat Vital Pria
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar