Peringkat Pertahanan Indonesia


Jika kita berbicara mengenai pertahanan negara kedaulatan Republik Indonesia, rasanya masih banyak nada-nada miring menyepelekan kekuatan militer negara ini.

Hal itu bisa jadi disebabkan oleh rasa nasionalisme anak bangsa yang kian memudar, dan pemberitaan negatif mengenai militer Indonesia di media lokal dan Nasional.

Padahal semejak zaman Presiden Soekarno hingga saat ini, angkatan bersenjata Indonesia tetap menjadi salah satu yang ditakuti di dunia. Hal ini terbukti dari hasil peringkat pertahanan Indonesia di mata dunia yang dikeluarkan oleh situs Global Fire Power.

Global Fire Power atau GFP adalah situs resmi yang meneliti dan menilai kemampuan militer beberapa negara dunia, kemudian setiap tahun mereka menyusun peringkat pertahanan dari yang terbaik hingga yang dinilai paling lemah dan mengumumkannya di situs mereka yaitu globalfirepower.com.

Saat ini terdapat 69 negara yang ada dalam database mereka, di antara 69 negara tersebut pada tahun 2013 pertahanan Indonesia menempati peringkat ke 15 tepat dibawah Israel dan Mesir.

Kriteria Penilaian

Kriteria penilaian yang dilakukan GFP tidak main-main. Mereka melakukan mengumpulan data-data berdasarkan poin-poin antara lain seperti:

  • Kuantitas dan kemampuan personil militer
  • Kuantitas dan kekuatan armada serta perlengkapan dan alat militer lain
  • Logistik militer
  • Penggunaan dan ketersediaan minyak bumi
  • Luas negara

Dari kriteria penilaian di atas, tentu tidak sombong jika dikatakan angkatan bersenjata Indonesia adalah yang terbaik se-Asia Tenggara, diikuti oleh Thailand dan Australia.

Sedangkan di wilayah Asia Pasifik pada 2013 ini pertahanan Indonesia menduduki posisi ke- 7, Posisi pertama bertengger Rusia, diikuti oleh China dan India.

Dari data-data di atas bolehlah kita berbangga hati memiliki angkatan bersenjata berkelas dunia yang bermartabat serta disegani dalam dunia Internasional. Dalam hal pengadaan armada serta perawatannya, TNI memang harus banyak berbenah.

Jangan sampai hal tersebut menurunkan kredibilitas Tentara Nasional Indonesia dalam kancah militer Internasional seperti yang terjadi pada tahun 2011 lalu.

Namun prestasi yang diraih para personel angkatan darat, laut dan udara seperti juara dalam beberapa kejuaraan ketangkasan militer, simulasi penyelamatan sandera, hingga aksi heroik penyelamatan kapal beserta awaknya dari  perompak Somalia mampu menaikkan kembali peringkat pertahanan Indonesia di mata dunia mealui situs GFP.

Oleh karena itu sebagai putra dan putri Indonesia berbanggalah, jangan pernah malu menjadi orang Indonesia.

Selanjutnya : Pengertian Nama Bayi Perempuan Islami yang Indah
Sebelumnya: Nama Bayi Laki-laki Artis
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar