Tip Menghadapi Peristiwa Cuaca Berkaitan dengan Angin dan Unsur Lainnya terhadap Hasil Panen

Problem utama yang harus selalu dipikirkan manusia adalah ketersediaan bahan pangan. Ya, karena masalah ini selalu dipengaruhi oleh peristiwa cuaca berkaitan dengan angin, awan, musim, iklim, batuan, tanah yang punya kaitan erat atas hasil pertanian atau panen sebagai bahan pangan.

Untuk mengatasi masalah ini, manusia telah berusaha memajukan teknologi pada bidang tersebut. Namun tetap saja kendala-kendala yang sudah disebutkan di atas masih menjadi faktor penting atas keberhasilan maupun kegagalan dalam penyediaan bahan pangan. Karena itu, tidak ada jalan lain kecuali menyesuaikan dengan kondisi yang ada.

Yang Perlu Disikapi dan Dilakukan

Selain membutuhkan tanah, tanaman juga perlu air, zat hara, angin, cahaya matahari, dan lainnya. Dari semua masalah tersebut, secara garis besar, ada tiga urusan utama yang perlu disikapi dengan saksama.

Pertama adalah tanggap atas keadaan iklim dan cuaca, kondisi tanah, serta persediaan air. Lalu, kedua harus mengenal karakter tanah yang akan dijadikan sebagai lahan pertanian, baik secara fisik dan kimiawi. Kemudian yang ketiga mengenal karakter lokasi yang berhungan erat dengan iklim serta cuaca.

Sebagaimana diketahui, proses kehidupan suatu tanaman itu berlangsung terus menerus, namun terdiri atas beberapa tahap. Masing-masing tahap tersebut membutuhkan kondisi dan iklim yang berbeda-beda, sedangkan cuaca sendiri juga selalu mengalami perubahan.

Atas dasar itulah, harus dilakukan analisa atau prediksi cuaca juga iklim dengan tujuan agar dapat menjalankan penyesuaian atas iklim ataupun cuaca yang sedang dan akan terjadi. Hal ini juga berlaku untuk penyediaan air.

Pelaksanaan prediksi ini digunakan untuk pembuatan beberapa perencanaan seperti jenis atau waktu yang tepat untuk membudidayakan suatu jenis tanaman serta lahan yang sekiranya cocok dijadikan sebagai media tanam. Perencanaan tersebut tidak hanya meliputi masa tanam, tetapi juga pada masa pembibitan hingga panen dan setelah panen.

Masalah Lain yang Perlu Diperhatikan

Sebagaimana yang sudah dijelaskan, proses pembudidayaan tanaman sebagai bahan pangan itu terdiri atas beberapa tahapan. Misalnya pada tahap pembibitan, tidak harus dilakukan pada lahan pertanian secara langsung, namun bisa dilakukan di tempat lain.

Proses berikutnya adalah enanaman. Masing-masing jenis tanaman membutuhkan lahan yang berbeda-beda, termasuk sistem pemeliharaan. Misalnya ada tanaman yang cocok ditempatkan pada lokasi beriklim dingin atau sebaliknya.

Perlu diketahui pula peristiwa cuaca berkaitan dengan angin, awan, musim, iklim, batuan, tanah juga punya pengaruh pada proses berikutnya, yaitu masa panen. Kegiatan ini tidak boleh terlalu cepat dilakukan atau sebaliknya, terlambat dikerjakan.

Semoga bermanfaat!

Loading...
Selanjutnya : Fungsi Street View Google Map
Sebelumnya: Cara Menghasilkan Foto Sesuai Asli
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar