Peristiwa Gempa Bumi di Indonesia Terdahsyat


Peristiwa gempa bumi di Indonesia terdahsyat. Gempa Bumi adalah terjadinya guncangan di permukaan bumi yang disebabkan oleh pelepasan energi dari dalam perut bumi secara tiba-tiba, sehingga menciptakan gelombang seismik.

Pada kejadian tersebut, lempeng atau kerak bumi yang mengalami pergeseran atau pergerakan yang menekan perut bumi, sehingga pinggiran lempengan bumi tidak dapat menahan atau jebol, hal inilah penyebab utama terjadinya peristiwa  gempa bumi.

Gempa bumi banyak terjadi di perbatasan lempengan kompresional dan lempengan translasional. Tetapi, gempa bumi dapat terjadi juga pada saat gejala-gejala peletusan gunung berapi, hal ini disebabkan pergerakan magma yang keluar dari dalam gunung berapi.

Banyak pula tercatat peristiwa gempa bumi di Indonesia terdahsyat dan pada umumnya terjadi di pulau Sumatera. Menurut beberapa ahli, struktur pulau Sumatera yang naik turun rentan terhadap gempa akibat pergerakan lempengan yang biasa terjadi pada perut bumi.

Peristiwa Gempa

Di bawah ini adalah beberapa peristiwa gempa bumi di Indonesia terdahsyat, antara lain :

Gempa Bumi 8,8 sampai 9,2 Skala Richter

Peristiwa gempa bumi terbesar dengan kekuatan 8,8 sampai 9,2 SR hingga menimbulkan tsunami pertama kalinya tercatat terjadi di pulau Sumatera pada tanggal 25 November 1833. Tidak ditemukan keterangan berapa korban jiwa dari peristiwa tersebut.

Gempa Bumi 7,9 Skala Richter

Gempa Bumi ini disinyalir cukup besar dengan kekuatan 7,9 SR di pantai Bengkulu, Sumatera. Gempa ini terjadi pada tanggal 12 September 2007.

Gempa Bumi 7,6 Skala Richter
Gempa bumi ini telah mengguncang daerah Padang dan Pariaman, Sumatera Barat. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 30 September 2009 dan banyak menimbulkan korban jiwa hampir sekitar 1.100 orang dan sejumlah kerugian materil.

Gempa Bumi 7,2 Skala Richter

Gempa Bumi yang terjadi pada tanggal 7 April 2010 di Sinabang, Aceh. Berdasarkan informasi gempa ini tidak menimbulkan korban jiwa.

Gempa Bumi 8,6 Skala Richter

Gempa ini sangat besar dan berpotensi peristiwa tsunami dan mengguncang hampir seluruh daerah di pulau Sumatera seperti Aceh, Medan, Bengkulu serta Lampung.  Bahkan getaran dari peristiwa gempa ini sampai ke negara lain seperti India dan Thailand.

Penyebab utama gempa bumi tidak hanya faktor alam, tetapi juga ulah manusia. Seperti tes percobaan nuklir dan tidak terpeliharanya bendungan air, sehingga terjadi penumpukan massa air yang membobol bendungan.

Selanjutnya : Sejarah Kepramukaan Indonesia dan Dunia
Sebelumnya: Apa Penyebab Mens Telat dan Mengapa?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar