Peristiwa Gempa di Indonesia dan Penyebabnya


Banyak yang mengatakan, jika Indonesia merupakan negeri yang sering dilanda bencana besar. Mungkin Anda juga bertanya, mengapa negeri kita sering mengalami bencana alam? Untuk mengetahui penyebab terjadinya peristiwa gempa di Indonesia, maka ada baiknya, jika kita mempelajari tentang gempa yang ada di Indonesia.

Gempa bumi adalah hentakan yang berasal dari dalam bumi yang bergerak melalui permukaan bumi. Peristiwa gempa di Indonesia disebabkan adanya pergerakan lempeng atau kerak bumi. Seismologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang gempa, mulai dari awal terjadinya gempa pada permukaan bumi, penyebab gempa, cara mengukur gempa, dan sebagainya.

Berdasarkan penyebabnya, gempa bumi dikelompokkan menjadi beberapa jenis, yaitu sebagai berikut.

1. Gempa Tektonik

Gempa yang disebabkan adanya pergeseran lempeng tektonik, hal ini disebabkan lempeng bumi kita terus bergerak. Pergerakan tersebut dibagi menjadi tiga, yaitu.

a. Pergeseran yang terjadi antara dua lempeng samudra
b. Pergeseran yang terjadi antara lempeng samudra dengan lempeng benua
c. Tumbukan yang terjadi antara kedua lempeng benua yang saling berjauhan.

Peristiwa gempa tektonik di Indonesia, di antaranya  gempa Aceh, Bengkulu, dan Pangandaran.

2. Gempa Vulkanik

Gempa yang disebabkan oleh adanya aktivitas gunung berapi. Getaran tanah yang terjadi akibat magma yang ada pada kantong gunung tersebut mendapatkan tekanan dan mulai melepaskan energi secara tiba-tiba. Peristiwa gempa vulkanik di Indonesia adalah gempa Gunung Bromo, gempa Gunung Krakatau, dan Gempa Gunung Una-Una.

3. Gempa Runtuhan

Gempa lokal yang terjadi akibat adanya reruntuhan pada gua di daerah pertambangan atau suatu gua di daerah topografi karst.

Dari penjelasan tersebut, kita bisa menyimpulkan bahwa pada dasarnya mekanisme gempa tektonik dan vulkanik relatif sama, yakni akibat naiknya magma ke permukaan yang dipicu adanya pergeseran lempeng tektonik yang ada pada bagian bumi.

Satu hal yang membedakan keduanya adalah gempa vulkanik menimbulkan efek goncangan yang lebih besar karena desakan magma. Sementar itu, gempa tektonik menimbulkan efek goncangan langsung akibat adanya benturan kedua lempeng tektonik.

Semoga informasi tentang peristiwa gempa di Indonesia dan penyebabnya tersebut dapat bermanfaat bagi Anda semua. Anda dapat lebih memahami perkembangan keadaan bumi Indonesia.

Selanjutnya : Perkembangan Alat Komunikasi dari Masa ke Masa
Sebelumnya: Cara Membuat Garnish Buah dan Sayuran
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar