Peristiwa yang Terjadi Waktu Kelahiran Nabi Muhammad


Kapan Nabi Muhammad SAW dilahirkan mungkin masyarakat sudah mengetahui sejarahnya, namun peristiwa yang terjadi waktu kelahiran Nabi Muhammad SAW mungkin sebagian masyarakat ada yang belum mengetahui soal itu. Ada beberapa peristiwa menjelang kelahiran Sang Nabi yang menunjukkan bukti kebesaran dan kekuasaan Allah SWT.

Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Saat Nabi Muhammad SAW dilahirkan, ia memiliki posisi yang tak biasa. Sang Nabi lahir dalam posisi berbaring dengan dua tangan menjulang ke atas seperti posisi orang sedang berdoa.

Siti Aminah, ibu Nabi Muhammad SAW, juga melihat tanda-tanda lainnya. Di rahimnya, ia melihat seberkas cahaya dari tubuh Sang Nabi sebelum dilahirkan. Siti Aminah juga tak merasakan sakit luar biasa sejak mengandung termasuk saat melahirkan.

Dikisahkan pula saat kelahiran Nabi Muhammad SAW terjadi gempa hebat di Mahligai Kisra. Imbasnya Istana Kisra mengalami guncangan hebat dengan runtuhnya 14 tiang di dalamnya. Dalam waktu yang hampir bersamaan, Tasik Sava, yang kala itu dianggap tempat suci ikut tenggelam di dalam tanah.

Pasca Nabi Muhammad SAW terlahir ke dunia, sering muncul tembakan bintang di langit. Konon itu adalah pertanda berakhirnya era pengetahuan jin serta setan akan perkara gaib.

Keajaiban lainnya, sejarah menyebut jika Nabi Muhammad SAW terlahir dalam keadaan suci. Ia bersih, terkhitan, serta tali pusarnya terpotong. Saat kelahirannya, air telaga Sa’awah (Parsi) mendadak kering. Sebaliknya air di lembah Samawah tiba-tiba melimpah. Padahal air di lembah ini biasanya kering dan kerontang tak dijumpai satu tetes pun.

Nabi Muhammad SAW hanya disusui beberapa hari oleh ibunya. Kemudian Nabi Muhammad SAW  disusui oleh Tsuwibah dan Halimah. Saat disusui Halimah, tiba-tiba air susunya melimpah, padahal biasanya ASI Halimah kering. Kejadian lain yang membuat Halimah cemas adalah tatkala Nabi Muhammad SAW  berusia usia empat tahun.

Dikisahkan Nabi Muhammad SAW ditangkap oleh dua orang malaikat. Waktu itu ia dibelah dadanya dan diambil hatinya untuk dibersihkan. Karena kejadian ini Nabi Muhammad SAW oleh Halimah dikembalikan ke ibunya.

Dari beberapa kejadian di atas cukup jelas jika Nabi Muhammad SAW memiliki keistimewaan. Nabi Muhammad SAW adalah nabi penutup dari segala nabi yang telah ditunjuk Allah SAW. Itulah beberapa peristiwa yang terjadi waktu kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Selanjutnya : Perlombaan Karya Tulis Ilmiah Universitas Terbuka
Sebelumnya: Perbedaan Gelar Lulusan D3 dan Gelar Lulusan Sarjana
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar