Sejarah Perkembangan Alat Transportasi


Kita tahu bahwa alat transportasi yang ada di dunia ini sangat beragam. Dimulai dari sepeda, sepeda motor, kereta, kereta api, kereta uap, mobil, dan lain-lain. tapi, alat transportasi paling tradisional adalah Kuda dan Unta. Namun, ada juga yang menggunakan keledai dan gajah sebagai alat transportasi. Perkembangan alat transportasi sangat bertahap. Dimulai dari kereta kuda atau bahkan kuda itu sendiri sampai kapal terbang yang ada saat ini.

Setiap alat transportasi memiliki sejarahnya sendiri. misalnya saja sepeda. Awalnya bentuk sepeda tidaklah sama seperti sekarang. bentuk yang sekarang adalah hasil penyempurnaan dari beberapa orang atau beberapa penemu sepeda. Juga speda motor dan alat kendaraan lainnya.

Fungsi dari alat transportasi adalah sebagai alat yang membantu kita untuk cepat sampai ke tempat tujuan.  Alat transportasi juga digunakan sebagai alat angkut barang. Tujuan diciptakannya alat trasnportasi memang untuk memudahkan kehidupan manusia. Dan saya yakin, para penemu alat trasnportasi adalah orang-orang yang jenius.

Alat Transportasi dan Perkembangannya

Berikut beberapa penjelasan singkat mengenai beberapa perkembangan penemuan cikal bakal alat transportasi saat ini.

  1. Sepeda sebagai alat transportasi sederhana yang dijalankan dengan cara dikayuh. Pada saat itu sepeda disebut sebagai velocipede yang ditemukan di perancis. Dan Baron Karls, Kirkpatrick, Ernest Michaux adalah orang-orang penyempurna velocipede.
  2. Sepeda motor sebagai alat transportasi yang bergerak dengan menggunakan mesin. Gottlieb dan Willhelm adalah penemu sepeda motor.
  3. mungkin awalnya mobil terinspirasi oleh kereta kuda atau kereta yang digerakkan oleh manusia yang bisa membawa penumpang lebih banyak daripada sepeda. Namun, kemudian pada tahun 1769 ditemukan kereta atau cikal bakal mobil yang menggunakan tenaga uap oleh Nicholas-joseph Cugnot. Dan mesin dengan tenaga bensin pertama kali ditemukan oleh Frederick William.
  4. Kereta api tenaga uap ditemukan oleh Nicolas Cugnot setelah ditemukannya mesin uap oleh James Watt. Lalu, setelah Michael Faraday menemukan mesin listrik berkembanglah berbagai alat dengan menggunakan tenaga listrik pada masa itu.
  5. Kapal terbang ditemukan oleh Wright bersaudara. mereka menerbangkannya pertama kali dan memberi nama flyer.

Itulah sederetan perkembangan alat transportasi yang kemudian berkembang menjadi seperti saat ini. Alat transportasi saat ini bahkan sangat canggih.

Selanjutnya : Fitur Blackberry untuk Nokia E63
Sebelumnya: Deskripsi Beberapa Macam Undangan Pernikahan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar