Mengetahui Perkembangan Anak Umur 2 Th

Umur 2 tahun merupakan masa keemasan bagi setiap anak. Pada usia ini mengalami banyak perkembangan, baik dari segi kognisi, motorik, maupun emosinya. Untuk mengetahui perkembangan anak umur 2 th bisa dilihat dari kemampuannya dalam ketiga faktor tersebut.

Banyak orang tua yang merasa dibingungkan oleh ulah si 2 tahun. Namun perlu diketahui bahwa si anak pun ternyata mengalami kebingungan juga. Apa yang mereka lakukan sebenarnya tidak mereka mengerti. Oleh karena itu, bimbingan dan perlindungan kasih sayang orang tua sangat mereka butuhkan.

Kemampuan Kognisi

Kemampuan kognisi berkaitan cara berpikir. Anak usia 2 tahun mengalami perkembangan pesat dalam pikirannya. Mereka sudah bisa diajak berkomunikasi dua arah, tidak hanya mendengar tapi juga memahaminya dengan baik dan memberi respon. Mereka bisa mengelompokan benda-benda yang memiliki kesamaan, seperti kesamaan bentuk, warna, dan ukuran.

Kemampuan mengingat anak usia ini sudah lebih baik. Mereka bisa mengingat kajadian menyenangkan yang dialami dan menceritakan kembali walau terputus-putus. Kosa kata yang dimilikinya bisa mencapai 1000 kata meskipun tidak semuanya mereka pahami dengan benar. Mereka sudah mengerti arti dan bisa mengatakan kata-kata keseharian, seperti mama, papa, dadah, kue, pisang, kucing, burung, iya, tidak, susu, terima kasih, dan sebagainya.

Kemampuan Motorik

Secara motorik, anak usia 2 tahun sudah bisa berlari dengan tujuan yang jelas dan tanpa terjatuh. Kedua tangannya sudah cukup kuat untuk bergelantungan selama beberapa saat. Jemari tangannya sudah bisa digerakkan secara sinkron untuk tujuan tertentu. Misalnya memegang alat tulis dengan benar, meremas kertas, melipat kertas meski tidak rapi, membuka halaman buku, dan menyusun balok kayu.

Kemampuan Emosi

Memasuki usia 2 tahun, anak mengalami fase emosi lumayan membingungkan. Suasana hatinya cepat berubah tanpa alasan yang jelas. Mereka senang membantah atau mengatakan “tidak” pada apa saja kita minta. Dan yang paling merepotkan adalah mereka sering tantrum, mengamuk tanpa alasan. Seringkali emosi mereka luapkan dengan cara menangis sekeras-kerasnya, melempar, memukul, menggigit, dan sebagainya.

Perilaku tersebut menandakan mereka sedang frustasi. Anak usia 2 tahun masih memiliki keterbatasan dalam menyampaikan keinginannya sehingga kurang dimengerti oleh orang dewasa. Keterbatasan tersebut misalnya menyangkut bahasa atau kosa kata. Anak tidak tahu bagaimana cara memberitahu orang tua apa yang diinginkannya dan mengapa ia menginginkannya.

Demikian informasi mengenai cara mengetahui perkembangan anak umur 2 th. Semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Hikmah Melaksanakan Shalat Wajib
Sebelumnya: Mengetahui Kisaran Harga Rumah Kontainer
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar