Perkembangan Dunia Informasi dan Teknologi

Perkembangan dunia informasi dan teknologi perlu diwapadai. Kemajuan yang telah diraih ini bisa jadi membuat banyak manusia terlena. Kemudahan hidup dan perubahan sudut pandang, telah membuat kehidupan banyak orang menjadi tidak seperti yang dibayangkan.

Jangan Lalai

Loading...

Perkembangan dunia maya adalah salah satu bukti perkembangan informasi dan teknologi. Kalau dahulu mengirimkan satu berita itu membutuhkan waktu hingga berhari-hari, kini dalam hitungan detik, berita itu telah sampai.

Tidak hanya itu, kalau dahulu harus membayar biaya yang cukup mahal demi berkomunikasi dengan orang yang berada di luar pulau atau bahkan di luar negeri. Sekarang semua itu bagai menembus angin semilir.

Namun, semua itu tidak boleh membuat lalai. Setiap berita yang sangat cepat itu bisa menjadi bumerang. Berita yang tidak baik dan tidak jelaspun tersebar bagai kilat. Inilah yang akan bisa menggoncangkan perdamaian dan kenyamanan. Kesalahan atau kelalaian sedikit saja bisa membuat seseorang dituntut di muka hukum.

Tidak hanya orang dewasa yang bermain di dunia teknologi ini, bayi pun telah hidup dalam dunia teknologi. Kelahiran mereka pun dibantu oleh teknologi. Bahkan seorang ayah yang berada di luar negeri bisa menjadi saksi kelahiran anaknya lewat video chat atau fasilitas video call lainnya.

Penipuan dan Kejahatan

Teknologi informasi ini menjadi salah satu sarana baru untuk penipuan dan kejahatan lainnya. Begitu banyak korban perkosaan bermula dari perkenalan di dunia maya.

Penipuan yang mengatasnamakan sebuah perusahaan pun bisa terjadi. Misalnya, sebuah situs online yang tidak pernah menjual tiket, dikatakan memberikan tiket diskon dalam waktu tertentu. Jika ada orang yang tidak tahu apa-apa tentang informasi yang benar, berita itu tentu sangat menyenangkan.

Bisa jadi ia telah merasa tenang karena telah mendapatkan kode booking tiket. Kenyataannya ia adalah korban penipuan. Teknologi informasi ini bisa menjadi sesuatu yang sangat mengerikan.

Data seseorang pun bisa terkuak dengan sangat mudah tanpa ia ketahui. Untuk itulah perkembangan dunia informasi dan teknologi harus disikapi dengan mengikutinya sambil tetap waspada.

Loading...
Selanjutnya : Abad Pertengahan, Abad Kegelapan bagi Eropa
Sebelumnya: Periodisasi Karya Sastra Indonesia Beserta Hasil Karyanya yang Terkenal
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar