Perkembangan Ekonomi Saat ini di Indonesia


bagaimana perkembanhgan ekonomi saat ini di Indonesia? Banyak negara di berbagai belahan dunia yang sedang mengalami depresi ekonomi sejak tahun 2008. Sejumlah negara di Eropa seperti Yunani, Spanyol, dan Italia mengalami gangguan ekonomi yang cukup parah. Krisis ini memunculkan pengangguran yang tinggi.

Perkembangan Ekonomi

Bahkan negara maju seperti Prancis, Jerman, dan Amerika Serikat juga ikut diterjang krisis ekonomi ini. Namun uniknya hal ini tidak terjadi di Indonesia. Perkembangan ekonomi saat ini di Indonesia bahkan tergolong bagus walaupun banyak yang mengeluh ekonomi semakin sulit.

Fakta ini bisa dilihat dari pertumbuhan ekonomi Indonesia. Pertumbuhan ekonomi di Indonesia pada tahun ini mencapai lebih dari 6 persen. Pertumbuhan ini hanya kalah dari negara seperti Cina. Saat negara maju lainnya mengalami stagnasi dalam pertumbuhan ekonomi, Indonesia malah berkembang.

Ada beberapa hal yang melandasi pertumbuhan ekonomi ini. Pertama adalah usia pekerja di Indonesia yang sangat banyak jumlahnya. Semakin banyak penduduk yang bekerja tentu perkembangan ekonomi menjadi lebih baik.

Selanjutnya adalah pasar Indonesia yang tidak terlalu menderita akibat hantaman krisi global. Hal ini dikarenakan daya konsumsi dan perputaran uang di Indonesia masih terkendali. Indonesia tidak terlalu terpukul akibat menurunnta ekspor-impor di negara maju.

Fakta ini memang menggembirakan. Namun tentu masih banyak yang perlu ditangani. Korea Selatan mengalami hal ini pada tahun 1980-an.

Perekonomian mereka bahkan mampu tumbuh hingga 8 persen per tahun. Kita seharunya menggenjot pertumbuhan mencapai angka itu agar nanti saat penduduk usia produktif menurun, negara sudah kuat ekonominya.

Hal ini bisa diraih lewat kebijakan yang tepat. Reformasi birokrasi salah satunya. Banyak hamba rakyat di pemerintahan yang tidak bisa diajak bekerja cepat menyongsong globalisasi. Selain itu mental korupsi juga harus diberangus habis.

Fasilitas dan transportasi juga harus diperbaiki secara maksimal. Selain itu, kesenjangan sosial dan ekonomi harus dikurangi dengan memperbanyak fasilitas publik dan jaminan pendidikan serta kesehatan bagi rakyat kurang mampu. Jika semua itu bisa diraih, maka Indonesia bisa menjadi negara maju suatu saat nanti.

Selanjutnya : Unsur Intriksik Dan Genre Karya Sastra Periode 1966
Sebelumnya: Kerja Keras Seniman Indonesia Mendapatkan Penghargan Internasional
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar