Perkembangan Emosi Masa Remaja Masa Kini


Masa remaja memang masa yang menyenangkan. Perkembangan emosi masa remaja rentan dengan berbagai perubahan. Perubahan tersebut dapat berupa perubahan yang positif dan juga negatif. Tentu saja perkembangan masa remaja berbeda dengan perkembangan masa anak-anak dan dewasa.

Masa Remaja

Masa remaja merupakan masa peralihan antara masa anak-anak ke masa dewasa. Remaja akan mengalami perkembangan yang berhubungan dengan kematangan fisik dan mentalnya. Selain itu, perkembangan lain juga terlihat dari kematangan emosional dan sosial.

Umumnya terjadi ketika remaja berada di sekolah menengah. Sebagai orang tua, sudah sewajarnya pada masa ini memberikan perhatian lebih kepada mereka karena masa ini adalah masa yang cukup rentan dan sulit bagi remaja dan orangtua itu sendiri.

Masa remaja sekarang lebih banyak dipengaruhi oleh hal-hal yang berasal dari lingkungannya. Masa remaja dianggap sebagai masa yang didominasi emosi menyala dan di sisi lain pengendalian dirinya belumlah cukup baik.

Saat ini kemajuan teknologi mempengaruhi masa remaja. Perkembangan media sosialpun berpengaruh pada perkembangan emosi dan sosial remaja.

Masa remaja juga dikenal dengan masa yang sensitif. Perkembangan emosi remaja akan tampak jelas pada perubahan tingkah lakunya. Biasanya perkembangan emosi akan berpengaruh pada perkembangan tingkah laku remaja itu sendiri.

Kesensitifan pada masa remaja akan berpengaruh pula pada kondisi remaja yang masih labil. Masa labil pada remaja merupakan masa yang dianggap pencarian jati diri. Pada masa inilah sebaiknya orang dewasa, dalam hal ini orangtua dan guru di sekolah dapat menjadi teman dan melakukan pendekatan khusus pada mereka dengan cara yang lebih baik.

Faktor yang mempengaruhi perkembangan emosi remaja salah satunya ditandai dengan adanya perubahan jasmani. Biasanya perubahan jasmani ini berkembang dengan cepat namun tidak semua remaja dapat langsung beradaptasi dengan perkembangan tersebut.

Salah satu contoh perkembangan jasmani adalah adanya perkembangan dari hormon-hormon yang berfungsi bersamaan dengan perkembangan alat kelaminnya. Hal tersebut mempengaruhi perkembangan lainnya dan sering berpengaruh pada perkembangan emosinya.

Masa remaja merupakan masa yang dipenuhi dengan interaksi dengan sesamanya. Pada masa inilah diperlukan pendekatan khusus dari orang dewasa agar perubahan interaksi yang terjadi di antara sebaya mereka tidak memiliki kecenderungan ke arah negatif. Perkembangan emosi masa remaja sering dipenuhi oleh hal yang cenderung sulit dikendalikan jika tidak dengan pendekatan khusus.

Selanjutnya : Perkembangan Komik Indonesia
Sebelumnya: Bagian dari Lintasan Balap Mobil
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar